Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/06/04

Minggu, 4 Juni 2017

Bacaan   : Yunus 1:1-17
Setahun : Ezra 8-9
Nas       : Datanglah firman TUHAN kepada Yunus bin Amitai, demikian: "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku." (Yunus 1:1-2)

Merpati Pembawa Kabar Keselamatan

Dalam peradaban manusia, burung merpati dipakai sebagai lambang pembawa berita penting dan perdamaian. Bila suatu kerajaan terjepit bahaya, dan sedang dikepung musuh, kedatangan burung merpati yang membawa berita pertolongan dari kerajaan sahabat adalah saat sukacita yang paling dinanti.

Yunus mempunyai arti merpati pembawa berita keselamatan dari Allah. Ironisnya, nabi Yunus bersikap tak peduli terhadap Niniwe yang akan dihancurkan Tuhan karena dosanya. Di kala Yunus sedang terlena dengan kesibukannya sendiri, datanglah Firman Tuhan kepadanya: "Bangunlah, pergilah ke Niniwe", untuk menyerukan pertobatan (ay. 2), sebab 40 hari lagi Allah akan menunggangbalikkannya (Yun. 3:1-4). Kata bangunlah menunjukkan seruan yang menyadarkan sang nabi akan kelalaiannya, untuk segera bangkit dan pergi menunaikan tugas panggilannya. Sebab Allah tidak menghendaki Niniwe, kota yang besar itu binasa (Yun. 4:11). Niniwe, ibu kota Asyur yang menguasai dunia saat itu, dianggap sebagai simbol pusat kehidupan dunia. Seperti Allah mengasihi Israel umat-Nya, demikian juga Allah mengasihi umat manusia di seluruh muka bumi ini.

Saudara, Anda dan saya adalah orang yang telah ditebus oleh Kristus, dan diutus untuk membawa kabar keselamatan bagi dunia di sekitar kita. Sedang apakah kita sekarang? Sedang sibuk dengan urusan pribadi kita sendiri, tak peduli dengan sekitar kita, atau sedang bergumul dengan keras di ladang pelayanan-Nya untuk melakukan panggilan kita sebagai saksi Kristus? Bangunlah! --SST/www.renunganharian.net

KRISTUS MENJADIKAN KITA CIPTAAN BARU AGAR KITA PERGI MENJADI SAKSI-NYA, UNTUK MEMANGGIL ORANG-ORANG DUNIA DATANG KEPADA-NYA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org