Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/07/15

Rabu, 15 Juli 2015

Bacaan   : Filipi 3:1b-16
Setahun : Mazmur 119
Nas       : Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia daripada semuanya. Karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus. (Filipi 3:8)

PERUBAHAN VISI

Dalam Big Hero 6, Hiro Hamada adalah perakit robot cemerlang berusia 14 tahun. Sayangnya, ia asyik menggunakan kecakapannya itu untuk adu robot. Kakaknya, Tadashi, khawatir Hiro menyia-nyiakan potensinya. Ia mengajak Hiro ke laboratorium kampusnya, memperlihatkan berbagai proyek robotika yang dikerjakan para mahasiswa. Menyaksikan berbagai terobosan yang mereka kembangkan, Hiro terbelalak takjub. Ia tersadar, betapa sia-sia jika dirinya hanya sibuk main adu robot. Ia pun mempersiapkan diri, agar bisa melanjutkan kuliah dan memperdalam ilmu di bidang robotika, mengikuti jejak kakaknya.

Kisah Hiro mengingatkan pada perubahan visi secara radikal pada Paulus. Semula Paulus mengerahkan daya hidup untuk mengupayakan "kebenaranku sendiri karena menaati hukum Taurat" (ay. 9). Ia mengandalkan kehebatan dan kemampuan dirinya, membanggakan amal ibadahnya. Namun, saat ia tersadar bahwa dirinya dibenarkan "karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan" (ay. 9), ia melepaskan visinya yang semula dan "menganggapnya sampah" (ay. 8). Kini ia mengarahkan hidupnya untuk mengenal Allah (ay. 10) dan mengejar panggilan surgawi yang luhur (ay. 13-14).

Begitulah. Ketika mata kita dicelikkan oleh Roh Kudus dan menyaksikan visi yang luhur, hal-hal remeh yang semula memikat kita dapat memudar daya tariknya. Kita akan termotivasi untuk meninggalkan hal yang remeh itu, dan mengalihkan fokus menuju visi yang luhur. -- Arie Saptaji/Renungan Harian

KESADARAN DAN FOKUS PADA VISI HIDUP YANG LUHUR
AKAN MEMUDARKAN DAYA TARIK VISI HIDUP YANG REMEH.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org