Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2009/01/11

Minggu, 11 Januari 2009

Bacaan   : Yohanes 13:12-17
Setahun : Kejadian 33-36
Nas       : Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu (Yohanes 13:15)

TAK ADA ALASAN

Ada sebuah lagu yang biasa kita nyanyikan saat hendak memulai pelayanan atau berkomitmen kembali untuk melayani. Liriknya berbunyi demikian: Melayani, melayani lebih sungguh/Melayani, melayani lebih sungguh/Tuhan lebih dulu melayani kepadaku/Melayani, melayani lebih sungguh.

Lagu ini mengajarkan kepada kita sebuah alasan mengapa kita harus melayani lebih sungguh, yaitu karena Tuhan telah lebih dulu melayani kita. Bagian firman Tuhan hari ini memuat contoh bagaimana Tuhan lebih dulu melayani manusia. Tuhan berinisiatif untuk membasuh kaki murid-murid-Nya. Membasuh kaki adalah pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh seorang hamba atau seseorang yang memiliki posisi lebih rendah. Jadi, tidak sewajarnya seorang guru membasuh kaki muridnya. Seharusnya yang terjadi adalah murid membasuh kaki gurunya. Dan dalam kisah ini, tidak saja guru membasuh kaki murid, tetapi Tuhan sendiri membasuh kaki manusia. Mengapa Tuhan melakukannya? Karena Dia ingin memberi keteladanan dalam pelayanan. Jika Tuhan saja mau melayani, betapa kita pun seharusnya mau melayani.

Kita dapat memiliki seribu satu macam alasan untuk tidak melayani. Mulai dari alasan sibuk sampai tidak bisa. Atau barangkali kita telah terlibat dalam pelayanan, tetapi tidak melakukannya dengan sungguh-sungguh. Bagi orang-orang seperti itulah Tuhan berkata, "... supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu" (ayat 15). Jikalau kita mengaku Yesus sebagai Tuhan dan Guru kita, sesungguhnya tidak ada alasan untuk tidak melayani secara sungguh-sungguh -RY

MENELADANI TUHAN YESUS
BERARTI BERAJALAN DI ATAS JEJAK KAKINYA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org