Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2008/01/28

Senin, 28 Januari 2008

Bacaan   : 1Raja 11:1-9
Setahun : Keluaran 32-34
Nas       : Sadarlah dan berjaga-jagalah! (1Petrus 5:8)

JANGAN REMEHKAN!

Banyak hal besar berawal dari hal kecil. Kebakaran hutan tidak jarang berawal dari sebuah puntung rokok menyala yang dibuang sembarangan. Tawuran yang melibatkan dua fakultas di sebuah perguruan tinggi tidak jarang berawal dari "tatap-tatapan" dua mahasiswanya. Para pendaki gunung tahu persis, tantangan yang paling merepotkan mereka bukan jalanan terjal atau jurang curam, tetapi kerikil-kerikil kecil yang masuk ke kaus kaki mereka.

Begitu juga dengan dosa. Jangan bermain-main dengan dosa sesepele apa pun. Sebab, "yang kecil" itu justru bisa menjadi pintu masuk "yang besar". Narkoba tidak jarang awalnya adalah kebiasaan merokok, dan kebiasaan merokok awalnya dari coba-coba sebatang dua batang rokok. Perzinaan atau pemerkosaan tidak jarang berawal dari film porno. Pembunuhan sadis tidak jarang berawal dari ucapan yang mengejek.

Hal ini juga terjadi pada Raja Salomo. Siapa tidak kenal Salomo, Raja Israel yang terkenal bijaksana? Kerajaan Israel mencapai puncak keemasan ketika berada di bawah pemerintahannya. Betul, kerajaannya adalah warisan Daud, ayahnya, tetapi kita tidak dapat memungkiri kehebatan Salomo dalam menangani masalah-masalah kenegaraan. Tragisnya, kebesaran Salomo justru kandas karena ia tidak tahan menghadapi "godaan" istri-istrinya. Bacaan kita mencatat akhir tragis perjalanan Salomo.

Dalam segala keadaan, selalu mawas diri itu perlu. Seperti apa yang dikatakan Rasul Petrus, "Sadarlah dan berjaga-jagalah!" (1Petrus 5:8). Jangan karena merasa bahwa sesuatu itu hanya masalah "kecil", lalu kita membiarkan diri dijerat olehnya -- AYA

TIDAK ADA DOSA YANG TERLALU KECIL UNTUK KITA REMEHKAN

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org