Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2008/01/17

Kamis, 17 Januari 2008

Bacaan   : 1Tesalonika 5:12-22
Setahun : Kejadian 49-50
Nas       : Ucapkanlah syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu (1Tesalonika 5:18)

MAK NYUS!

Keluaran 1

Berikut ini adalah kisah Benny & Mice di kolom kartun Kompas Minggu. Benny dan Mice sedang berada di warung. Sambil menikmati makanan, mereka berdua terdengar heboh memberi komentar dan saling menyahut. "Hmm, ini pas asinnya, renyahnya. Hmm, rasanya mak nyus...." Ini membuat tamu yang lain penasaran. Namun, saat mengetahui apa yang mereka makan, mereka jadi marah. Sebab ternyata mereka hanya makan kerupuk dan minum es teh manis! [Istilah mak nyus dipopulerkan oleh Bondan Winarno di acara televisi Wisata Kuliner untuk melukiskan betapa nikmatnya suatu makanan-Red].

Bila direnungkan, bukankah sesungguhnya Benny dan Mice menunjukkan sikap yang bersyukur? Jika boleh meminjam satu slogan iklan, maka seolah-olah mereka berkata, "Apa pun makanannya, ucapannya puji Tuhan!" Namun, harus diakui bahwa banyak orang di lingkungan kita sekarang ini kerap kali mengeluh, tidak pernah merasa puas, dan kurang menghargai apa yang sudah dimiliki. Kaya materi, tetapi jiwanya miskin.

Rasul Paulus menasihati jemaat di Tesalonika untuk selalu bersukacita, berdoa, dan mengucap syukur. Sebab itulah yang dikehendaki Allah. Mengucap syukur bukan hanya saat kita menerima berkat, tetapi dalam segala hal; baik dalam kekurangan maupun kelimpahan. Kuncinya adalah menerima dan menikmati apa yang ada, bukan apa yang tidak ada. Dari situ hidup kita akan dipenuhi rasa syukur. Mari kita belajar untuk senantiasa mengucap syukur dalam keadaan apa pun; entah baik atau buruk, entah enak atau tidak enak. Selamat bersyukur! -- ENO

HATI YANG PENUH SYUKUR
ADALAH KUALITAS HATI YANG PALING TINGGI

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org