Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2007/06/18

Senin, 18 Juni 2007

Bacaan   : Kejadian 1:27-31; 2:8-15
Setahun : Nehemia 10-11; Kisah 4:1-22
Nas       : Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya (Mazmur 24:1)

GUNAKAN DENGAN BIJAK

Allah memberi kita hadiah yang luar biasa -- dunia yang indah tempat kita tinggal. Namun, tatkala hidup bersama dengan banyak orang lain di planet ini, tentu kita menghadapi kemungkinan menyaksikan sirnanya keindahan dan habisnya berbagai sumber alam.

Walau kita berhak memakai berbagai sumber alam yang Allah tempatkan di dalam dan di atas bumi, harus diakui, kita bertanggung jawab menghargai bumi sebagai milik-Nya dan memelihara berbagai sumber alam bagi generasi selanjutnya.

Dalam Kejadian, Tuhan memberi tahu Adam (yang juga berlaku bagi kita semua) untuk "mengusahakan dan memelihara" bumi ini (2:15). Karena tak tahu kapan Yesus akan datang lagi, kita akan menjadi penatalayan yang tak bertanggung jawab bila tidak menyisakan anak dan cucu kita sumber alam yang Allah berikan juga bagi mereka.

Mungkin kita menganggap usaha pribadi kita untuk memelihara dunia milik Allah ini tidak berarti. Namun, kita semua bisa bekerja sama untuk mengerjakan bagian kita. Mengurangi kebiasaan berbelanja dan mengonsumsi segala sesuatu, mulai menjalani hidup sederhana, memupuk sikap suka memperbaiki bukannya mengganti barang yang rusak, memakai kembali barang yang sudah ada, dan mendaur ulang sampah merupakan tindakan pengelolaan yang baik.

Satu cara yang dapat membuktikan kasih kita kepada Allah dan mengungkapkan rasa syukur atas segala tindakan-Nya adalah mengusahakan dan memelihara bumi ini beserta segala isinya. Mari kita kelola dunia ini dengan bijak sampai Tuhan datang -- JDB


Alam lingkungan yang Allah ciptakan
Diberikan kepada kita dan harus kita wariskan;
Kiranya generasi-generasi yang akan datang
Bersyukur atas kepedulian kita. -- D. De Haan

ALLAH MENCIPTAKAN DUNIA
DAN DIA MEMERCAYAKAN PEMELIHARAANNYA KEPADA KITA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org