Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2007/06/13

Rabu, 13 Juni 2007

Bacaan   : Keluaran 35:30-35
Setahun : Ezra 6-8; Yohanes 21
Nas       : [Tuhan] telah memenuhinya dengan Roh Allah ... untuk membuat berbagai rancangan (Keluaran 35:31,32)

BAKAT SENI

"Mengapa kau menanam bunga? Kan tak bisa dimakan," ujar ayah mertua saya saat melihat kegiatan saya di musim semi, yakni mengisi pot dengan benda-benda berharga yang harum dan berwarna-warni dari toko bunga. Ayah Jay seorang insinyur -- orang yang praktis. Ia dapat menjalankan segalanya dengan baik, tetapi memperindah sesuatu bukan prioritasnya. Ia lebih menghargai fungsi daripada bentuk, kegunaan daripada estetika.

Allah menciptakan kita dengan beragam talenta. Para insinyur yang bekerja demi kemuliaan Allah merancang mesin yang memudahkan hidup. Namun Tuhan juga menciptakan para seniman, yang menjadikan hidup ini lebih menyenangkan karena mereka menciptakan berbagai keindahan bagi kemuliaan Allah dan kebahagiaan sesama.

Saat merenungkan seni penyembahan, biasanya kita langsung memikirkan musik. Namun, ada bentuk seni lain yang telah lama juga berperan memuliakan Allah. Pengangkatan Bezaleel menunjukkan kepedulian Allah pada seni (Keluaran 35:30-35). Allah mengangkatnya untuk memperindah tempat penyembahan resmi pertama: kemah suci. Menurut Gene Edward Veith, tujuan Allah terhadap seni adalah "untuk memuliakan Allah dan menunjukkan keindahan".

Bila Roh Allah menghidupkan bakat seni, maka dari situ akan muncul tindakan penyembahan yang menjadi kesaksian dan mengarahkan orang pada Kristus. Allah telah sangat memperkaya hidup kita dengan keindahan. Sebagai balasannya, mari kita bersyukur dengan memperlihatkan kemuliaan-Nya melalui karya seni kita -- JAL


Bapa, kiranya karya kami -- apa pun itu --
menggugah perhatian dan mendorong orang
untuk memuji dan menyembah Engkau. Amin.

LAKUKAN SEGALA SESUATU UNTUK KEMULIAAN ALLAH

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org