Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2007/06/12

Selasa, 12 Juni 2007

Bacaan   : 1Korintus 4:9-17
Setahun : Ezra 3-5; Yohanes 20
Nas       : Ikutilah teladanku, sama seperti aku juga mengikuti teladan Kristus (1Korintus 11:1)

IKUTILAH TELADANKU

Andrew Marton teringat saat pertama kali ia bertemu dengan calon kakak iparnya Peter Jennings, seorang koresponden berita luar negeri ternama pada tahun 1977. Menurutnya, saking gugupnya, ia berlaku seperti "seorang penggemar yang salah tingkah di hadapan seorang pahlawan jurnalistik yang sangat berpengaruh di Manhattan".

Andrew mengagumi Peter dan berusaha menandinginya. Ia juga menjadi seorang wartawan dan caranya menjalankan tugas sama seperti yang dilakukan Peter -- "ia menyelami bidang itu dan bekerja lebih keras dibanding yang lain". Andrew berusaha meniru Peter, baik dalam cara berjalan, cara berpakaian, dan berusaha memiliki "aura" yang sama.

Kita semua cenderung meniru orang lain. Demikian pula dengan jemaat Korintus. Namun, mereka mengalihkan perhatian mereka dari Kristus dan para pemimpin jemaat. Alih-alih meniru sifat-sifat yang menyerupai Kristus dari para pemimpin ini, mereka malah membiarkan kesetiaan mereka mengarah pada perpecahan dan perselisihan dalam gereja (1Korintus 1:10-13). Rasul Paulus melihat penyimpangan ini, sehingga ia mengutus Timotius untuk mengingatkan mereka tentang ajarannya dan pentingnya berjalan dalam ketaatan kepada Tuhan (4:16,17).

Kita patut meniru Kristus (1Petrus 1:15,16). Kita juga sangat terbantu bila memiliki pengajar yang meneladani-Nya. Mereka yang berjalan seiring dengan Kristus memberi teladan yang baik untuk kita tiru. Namun, contoh utama kita tetaplah Yesus sendiri -- AMC


Mengikuti langkah-langkah mereka
Yang matanya tertuju kepada Tuhan
Membantu kita tetap kuat dan setia,
Tak menyimpang dari petunjuk firman-Nya. -- D. De Haan

TELADANILAH MEREKA YANG MENELADANI KRISTUS !

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org