Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2007/05/14

Senin, 14 Mei 2007

Bacaan   : Matius 23:1-12
Setahun : 2Raja 19-21; Yohanes 4:1-30
Nas       : Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksudkan untuk dilihat orang (Matius 23:5)

HANYA PAJANGAN

Terjadi peningkatan pembelian buku antik bersampul kulit. Orang membeli karena sampulnya, bukan isinya. Perancang interior membeli buku seperti itu berdasar keselarasan ruang dan memanfaatkannya untuk menciptakan nuansa klasik yang hangat di rumah klien-klien mereka yang kaya. Yang terpenting adalah apakah buku-buku itu pas dengan dekorasi ruangan atau tidak. Seorang pengusaha kaya membeli 13.000 buku antik yang tak akan pernah ia baca. Ia hanya ingin membuat tampilan seperti perpustakaan sebagai pajangan di rumahnya yang telah direnovasi.

Mementingkan penampilan luar memang baik dalam hal mendekorasi rumah, tetapi justru menjadi cara hidup yang berbahaya. Yesus menegur banyak pemimpin agama di zaman-Nya karena mereka tak melakukan apa yang mereka khotbahkan. Mereka senang menerima pujian dan menganggap diri penting. Alih-alih membuka kerajaan surga untuk sesama, mereka terang-terangan menutup pintu surga di hadapan sesama dengan perilakunya. Tentang mereka Yesus berkata, "Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksudkan untuk dilihat orang" (Matius 23:5).

Tuhan memanggil kita demi menjadi orang yang memiliki rohani berkualitas, tak hanya secara lahiriah. Kita harus menyatakan kehadiran-Nya dalam diri kita dengan sikap rendah hati. "Siapa saja yang terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu" (ayat 11).

Jika kita hidup bagi Yesus, "isi" kita jauh lebih penting daripada "sampul" luarnya. Kita ada di sini tak hanya untuk menjadi pajangan -- DCM


Biarlah kehendakku mengalir dalam kehendak-Nya,
Tanpa bertanya-tanya; tanpa mencari posisi;
Tugas yang hina dijalankan dengan suka hati,
Untuk menyatakan kebenaran dan anugerah-Nya. -- Anon.

APABILA ALLAH MENGENDALIKAN ANDA DARI DALAM
ANDA AKAN TAMPAK MURNI DARI LUAR

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org