Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2007/04/25

Rabu, 25 April 2007

Bacaan   : Yakobus 5:13-18
Setahun : 2Samuel 21-22; Lukas 18:24-43
Nas       : Doa orang yang benar, sangat besar kuasanya dan ada hasilnya (Yakobus 5:16)

UANG RECEH DI SAKU

Ada hal-hal yang sulit ditolak. Misalnya, sebuah mesin permen karet. Saya sulit menahan diri untuk tidak memerhatikan bola-bola permen karet warna-warni yang menggelinding sepanjang saluran mesin itu. Saya begitu ingin mengulumnya. Namun tanpa sekeping uang receh, permen karet itu tetap terkunci di dalam. Setiap kali saya punya uang receh yang pas, saya tidak akan melewatkan kesempatan untuk menikmati permen yang membuat air liur menetes itu.

Doa itu bagaikan "uang receh" di saku Anda yang dapat membuka pintu bagi sumber daya karakter dan berkat Allah yang besar di hidup Anda. Kelimpahan Allah bertolak belakang dengan kemiskinan jiwa kita, dan tanpa doa kita tak dapat menarik berkat dari gudang persediaan anugerah-Nya. Saat kita merindukan sumber daya-Nya yang memuaskan, doa menjadi sangat penting.

Yakobus menekankan bahwa doa kita seharusnya yakin dan benar (5:16). Allah tidak menginginkan doa ritual, melainkan doa yang realistis. Dia ingin agar kita berdoa dengan kerinduan yang sungguh-sungguh dan tidak berdoa memakai rumusan tertentu. Kita harus menghampiri takhta anugerah-Nya dengan kesadaran kuat bahwa kita membutuhkan Dia.

Yakobus menuliskan di pasal sebelumnya, "Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa" (4:2). Semakin banyak kita berdoa, semakin banyak kita menerima, dan tak perlu waktu lama, hidup kita akan menunjukkan kelimpahan dari Allah yang mengubah hidup -- JMS


Semakin dekat kita menghampiri-Nya dalam doa
Dan sungguh-sungguh mencari wajah-Nya,
Semakin dalam kita ingin bersama-Nya
Di depan takhta-Nya yang penuh karunia. -- Sper

BANYAK DOA, BANYAK KUASA; SEDIKIT DOA, SEDIKIT KUASA;
TANPA DOA, TIDAK MEMILIKI KUASA!

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org