Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2007/03/03

Sabtu, 3 Maret 2007

Bacaan   : Kejadian 16:7-13
Setahun : Bilangan 28-30; Markus 8:22-38
Nas       : Hagar menamakan Tuhan yang telah berfirman ke-padanya itu dengan sebutan: "Engkaulah El-Roi." Sebab katanya: "Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku?" (Kej. 16:13)

EL-ROI

Kini banyak dijual alat pelacak lokasi. Alat itu membantu kita untuk melacak keberadaan orang-orang tua, anak-anak, dompet, hewan peliharaan, tahanan yang dilepas dengan jaminan, bahkan para korban penculikan yang penting.

Sebesar apa pun manfaatnya, alat itu tak berpengaruh bagi Hagar. Tak seorang pun memedulikan ia dan anak dalam kandungannya, atau memerhatikan kesejahteraan mereka di padang gurun. Tak seorang pun kecuali El-Roi -- dalam bahasa Ibrani berarti "Allah yang melihat" (Kej. 16:13).

Hagar melayani Sarai, istri Abram. Sarai merasa dirinya adalah bagian yang lemah dalam rangkaian janji Allah untuk memberkati Abram dengan banyak keturunan. Ia mandul. Maka, ia meminta Abram untuk tidur dengan hamba perempuannya dan memiliki keturunan darinya. Saran yang tidak bijak ini -- yang lahir di tengah tekanan budaya yang keras perihal penentuan ahli waris -- menimbulkan masalah besar. Ketika hamil, Hagar memandang rendah Sarai karena ketidakmampuannya melahirkan anak. Lalu Sarai menindas Hagar sehingga Hagar meninggalkannya. Di padang gurun, tatkala merasakan kesengsaraan hidup masa lalu dan ketidakpastian masa depannya, Hagar bertemu Allah yang melihat dan memeliharanya.

El-Roi melihat kesengsaraan Anda di masa lalu, kepedihan Anda di masa kini, ketidakpastian Anda di masa depan. Dia begitu perhatian sehingga tahu ketika ada burung pipit yang terkecil sekalipun mati (Mat. 10:29-31). Dialah Allah yang melihat dan memelihara Anda saat ini -- MW

Bila Tuhan melihat jatuhnya pipit,
Melukis bakung aneka rupa,
Mewarnai biru cerahnya langit,
Tidakkah Dia memeliharamu juga? -- Anon.

ARAHKAN SELALU PANDANGAN ANDA KEPADA TUHAN
DIA TAK AKAN PERNAH MENGALIHKAN PANDANGAN-NYA DARI ANDA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org