Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2001/11/12

Senin, 12 November 2001

Bacaan   : Ibrani 11:32-12:4
Setahun : Kisah 13-14
Nas       : Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa (Ibrani 12:3)

PENGORBANAN YANG DIKENANG

Sebuah dinding putih di Veterans Memorial Museum di Branson, Missouri, mencantumkan nama dari 406.000 prajurit AS yang tewas dalam Perang Dunia II. Masing-masing juga disertai penyebab kematian mereka.

Hampir setiap negara mempunyai monumen bagi tentara-tentaranya yang tewas. Suatu hari, seluruh bangsa akan mengenang mereka yang gugur karena membela negara. Entah kita sepaham dengan mereka atau tidak, kita pasti mengenang keberanian dan pengorbanan mereka.

Ibrani 11 mendaftarkan sejumlah pahlawan yang hidup dan mati dengan gagah berani "dalam iman." Pada bagian akhir pasal ini, daftar tersebut berubah dari nama-nama individu menjadi kelompok-kelompok orang percaya yang mengalami baik pembebasan secara ajaib, sampai penyiksaan dan kematian karena mereka tidak mau mengkompromikan iman mereka kepada Allah.

Secara individual dan kolektif, mereka mengingatkan kita bahwa peperangan rohani belum berakhir. Ada sebuah ungkapan yang menyatakan kembali kalimat dalam Ibrani 12:1 sebagai berikut: "Tahukah Anda arti dari semua ini, bahwa para pelopor telah membuka jalan, dan bahwa semua veteran bersorak-sorai untuk kita? Ini berarti bahwa lebih baik kita mengikuti jejak mereka" (The Message oleh Eugene Peterson).

Ketika kita mengingat setiap pengorbanan yang dilakukan demi kebaikan kita dan setiap teladan keberanian rohani, mari kita tetapkan hati kita untuk terus mengarahkan mata pada Yesus dan bergabung dalam parade veteran iman yang setia-DCM

JANGAN PERNAH MELUPAKAN ORANG LAIN YANG TELAH MATI
SUPAYA KITA TETAP HIDUP

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org