Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2001/10/05

Jumat, 5 Oktober 2001

Bacaan   : 1 Korintus 10:1-13
Setahun : Habakuk 1-3
Nas       : Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu (1 Korintus 10:13)

BERJAGA-JAGALAH!

Seorang laki-laki yang memiliki perusahaan jasa pengamanan data komputer untuk operasi militer angkasa luar memberitahu saya betapa lemahnya komputer terhadap serangan dari luar. Selama masa uji coba, para hacker komputer dapat menutup sistem yang dilengkapi pelindung tingkat tinggi tanpa mencuri password ataupun memecahkan kodenya. Mereka hanya masuk ke program pemeliharaan bangunan dari gedung penyimpan komputer, dan mematikan AC ruangan. Ketika suhu di ruang komputer menjadi sangat panas, secara otomatis sistem perlindungannya akan mati.

Seperti dalam situasi militer, sikap terlalu percaya diri dan naluri keamanan yang salah dapat menyebabkan kita kalah berperang melawan kuasa jahat. Dalam 1 Korintus 10:12, Paulus memperingatkan, "Siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!" Eugene Peterson menyatakan ayat ini dalam kalimat yang lain, "Jangan terlalu percaya diri dan naif. Anda bukanlah orang yang luar biasa. Anda dapat jatuh semudah orang lain. Buang rasa percaya diri Anda yang berlebihan, itu tak berguna. Tingkatkan iman percaya Anda kepada Allah."

Kita tidak diminta untuk mengalahkan musuh jiwa kita, tetapi untuk mempercayai Pribadi yang mampu mengalahkan musuh itu. "Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar"(ayat 13).

Percaya kepada Allah, bukannya pada diri sendiri, merupakan kunci untuk berjaga-jaga secara rohani-DCM

TATKALA PENCOBAAN DATANG
BERSANDARLAH PADA YESUS

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org