Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2001/09/22

Sabtu, 22 September 2001

Bacaan   : Ibrani 11:17-40
Setahun : Daniel 10-12
Nas       : Mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik (Ibrani 11:39)

KESAKSIAN YANG BAIK

Daftar yang panjang sering kali membuat kita bosan, namun tidak demikian dengan daftar dalam Ibrani 11. Disana terdapat daftar orang-orang percaya dalam Perjanjian Lama dan segala prestasi mereka yang mengagumkan. Namun, penulis menyertakan kalimat "karena iman" sebagai bagian yang harus ditekankan, bukan popularitas orang-orang itu. Melalui iman, orang-orang percaya ini memberikan kesaksian yang baik (ayat 39), tetapi apakah kesaksian mereka selalu berdampak baik?

Dalam ayat 33-35, penulis menyoroti mereka yang dengan iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, menutup mulut singa-singa, dan luput dari mata pedang. Kemudian ia menyebut tentang "orang-orang lain," yaitu mereka yang disiksa dan dibunuh, yang tidak diselamatkan dari kematian (ayat 35-38). Apakah itu terjadi karena kesaksian mereka buruk? Tidak! Ayat 39 mengatakan bahwa "mereka semua," baik yang dilepaskan dari siksaan maupun yang tidak, sama-sama telah memberi kesaksian yang baik, karena mereka semua bertindak dalam iman.

Saya yakin mereka semua telah memohon pertolongan Tuhan. Sebagian dari mereka menerima pembebasan. Namun sisanya menerima jawaban yang juga diterima Paulus saat ia memohon agar "duri dalam daging" yang dialaminya dicabut: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna" (2 Korintus 12:9).

Bersemangatlah! Bila Anda bertindak dalam iman dan dalam kuat kuasa Allah, berarti Anda sedang memberikan kesaksian yang baik di hadapan-Nya, apa pun akibatnya-JEY

DALAM KESAKSIAN YANG BAIK
ALLAH MENUNTUT KESETIAAN

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org