Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/1999/02/25

Kamis, 25 Februari 1999

Bacaan   : Efesus 4:17-32
Setahun : Bilangan 28-30
Nas       : Janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu (Efesus 4:26)

PESAN SI PENGURUS MAKAM

Dalam buku Thomas Lynch yang terkenal The Undertaking: Life Studies From The Dismal Trade, ia mengenang pekerjaannya sebagai pengurus pemakaman di sebuah kota kecil di Michigan. Selama 25 tahun, ia telah mengatur kira-kira 5000 pemakaman. Bagaimana hal itu mempengaruhi cara berpikirnya?

"Hal itu cenderung membuat saya ingin menyelesaikan konflik sedikit lebih cepat," Lynch berkata, "karena saya melihat ada orang-orang yang berangkat kerja namun tidak pernah kembali lagi ke rumah."

Sudah berapa kali kita keluar rumah dengan marah di pagi hari atau mematikan lampu di malam hari dengan amarah meluap di hati? Kita memang bermaksud menyelesaikan konflik, tetapi tidak pada saat itu juga. Biasanya kita berpikir demikian, Saya akan mendiamkannya untuk sementara waktu, biar ia tahu rasa! Jika kita sering melihat orang yang berdukacita sesering Lynch, hal itu akan mengubah cara kita berpikir dan bertindak.

"Janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis," Alkitab menasihatkan (Efesus 4:26-27). "Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu" (ayat 32). Anda tak perlu mempermasalahkan apa yang telah orang lain perbuat terhadap kita, melainkan apa yang telah Kristus perbuat bagi kita.

Tidak ada waktu yang lebih tepat selain saat ini juga untuk meminta atau memberi maaf, dan untuk memperbaiki hubungan yang tak ternilai harganya. Seorang pengurus makam tahu benar akan hal ini -- DCM


PUTTING IT INTO PRACTICE
What keeps me from taking care of anger immediately?
What do I do when another person does not respond to
attempts at reconciliation? See Romans 12:17-21

HENDAKLAH ANDA LAMBAT UNTUK MARAH
DAN CEPAT UNTUK MENYESAL

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org