Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/1997/07/24

Sabtu, 24 Juli 1997

Bacaan   : Lukas 12:35-48
Setahun : Pengkhotbah 10-12
Nas       : "...Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut" (Lukas 12:48)

APAKAH SAYA BERTANGGUNG JAWAB?

Banyak orang hidup dan mati dalam lingkungan yang mengerikan. Saya mendengar seorang anak laki-laki yang tidak pernah tahu siapa ayahnya, sedangkan ibunya menganggap ia hanya pembawa masalah. Anak itu hidup dengan mencuri dan mengais-ais sampah di belakang toko makanan. Ia ditemukan mati tertusuk dan tak seorang pun mempedulikannya. Jalan hidupnya ada di tangan Allah, yang menuntut sedikit kepada orang yang memberi sedikit (Lukas 12:48).

Terkadang saya merasa sangat terhibur dengan ajaran Tuhan bahwa tingkat pertanggungjawaban kita di hadapan-Nya berhubungan dengan tingkat pengetahuan dan kesempatan yang kita peroleh. Tetapi kebenaran ini juga mengganggu saya. Saya tumbuh bersama tujuh saudara lainnya dalam suasana yang penuh perhatian dan orangtua yang mengasihi kami. Wanita yang saya nikahi adalah istri tercinta yang sudah mendampingi saya selama 55 tahun. Anak lelaki saya, menantu, anak perempuan dan cucu-cucu memperlakukan saya dengan kasih dan hormat. Selama hampir 50 tahun melayani di gereja-gereja dan RBC Ministries, saya diperlakukan dengan baik. Saya merasa sangat bersyukur dan berterima kasih -- yang juga membuat saya lebih bertanggung jawab kepada Allah. Hal ini sangat mengherankan sekaligus menggentarkan!

Tak peduli sejauh mana tingkat pengetahuan dan kesempatan kita, kita dapat berterima kasih kepada Allah karena kebaikan-Nya. Kemudian kita harus memakai apa yang telah Allah berikan untuk melayani-Nya dengan setia [HVL]


What knowledge and what opportunities
has the Lord given you? How can you
make better use of what He has given?

KEHORMATAN DAN TANGGUNG JAWAB
ADALAH DUA SISI MATA UANG

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org