Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/1997/07/19

Sabtu, 19 Juli 1997

Bacaan   : Ibrani 10:1-18
Setahun : Amsal 25-28
Nas       : Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban yang saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah (Ibrani 10:12)

PENGURBANAN KHUSUS

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata pengorbanan? Mungkin kita akan menggunakan kata itu saat melihat orangtua yang harus memperketat anggaran rumah tangga dan mengendarai mobil butut agar anak-anak mereka bisa belajar di perguruan tinggi. Kata itu juga cocok untuk menjelaskan tindakan seorang prajurit yang tidak mementingkan diri sendiri, dengan sadar merelakan dirinya terkena ledakan granat yang hebat demi keselamatan teman-temannya.

Namun pengorbanan yang mulia seperti itu tak sebanding dengan yang Kristus lakukan bagi kita di kayu salib. Pengurbanan Yesus itu unik. Yesus menderita dan mati "untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia" (1Yohanes 2:2). Karena kematian dan kebangkitan-Nya, setiap orang yang menerima keselamatan yang ditawarkan-Nya, akan menerima pengampunan yang sempurna dan kehidupan kekal (Yohanes 3:16).

Dalam Ibrani 10, Alkitab mengisahkan tentang persembahan hewan yang dikorbankan dalam Perjanjian Lama dan membandingkan hal itu dengan kematian Kristus. Ayat 4 menyatakan, "Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapus dosa." Pengorbanan-pengorbanan itu menunjuk langsung pada perlunya kematian Kristus.

Pengurbanan Yesus Kristus yang menggantikan, menyediakan keselamatan penuh bagi semua orang yang telah menaruh pengharapannya dalam Kristus. Puji Tuhan, betapa mulianya sang Juruselamat! [HVL]


Bearing shame and scoffing rude,
In my place condemned He stood;
Sealed my pardon with His blood,
Hallelujah! What a Savior! -- Bliss

PERCAYA KRISTUS MATI -- ITU HANYALAH SEJARAH
PERCAYA DIA MATI BAGI SAYA -- ITULAH KESELAMATAN

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org