Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/7

Doa 40 Hari 2020 edisi 7 (20-4-2020)

Alkitab Suku Sougb (Papua)

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SENIN, 20 APRIL 2020

ALKITAB SUKU SOUGB

Suku Sougb, disebut juga suku Souk, adalah suku asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Indonesia. Suku ini biasanya tinggal di daerah Distrik Anggi dan Distrik Minyambouw. Suku Sougb termasuk dalam salah satu subsuku dari suku Arfak. Suku Arfak sendiri memiliki empat subsuku, yaitu suku Sougb, suku Meiyah, suku Hatam, dan suku Moilei. Bahasa dari keempat suku ini berbeda, kecuali suku Hatam dan suku Moilei yang masih memiliki kemiripan bahasa. Untuk mengenali keempat suku ini, kita bisa membedakannya berdasarkan bahasa yang mereka gunakan untuk menyebutkan berbagai kekhasan masyarakat pedalaman Pegunungan Arfak.

Budaya lokal yang sampai saat ini masih tetap dipertahankan adalah tari Tumbuk, yang dikuasai oleh keempat suku Arfak. Tari ini sangat terkenal di Papua. Syairnya mengisahkan kehidupan masyarakat Arfak tentang berkebun, bertani, berperang, dan sejarah bagaimana mereka menjadi pemeluk agama Kristen. Mengenai pekerjaan, mayoritas dari mereka bekerja sebagai petani, baik bertani jagung maupun umbi-umbian.

Menurut hasil sensus penduduk Badan Pusat Statistik tahun 2010, hampir semua masyarakat di Distrik Anggi dan Distrik Minyambouw sudah memeluk agama Kristen Protestan. Hal ini menyatakan bahwa hampir seluruh warga suku Sougb memeluk agama Kristen Protestan. Banyak tradisi atau adat dalam masyarakat suku Sougb yang dikaitkan dengan ajaran agama Kristen. Tari Tumbuk menjadi salah satu tarian yang mencerminkan perjalanan iman suku Sougb.

Dari uraian di atas, kita melihat bahwa hampir seluruh suku Sougb sudah memeluk agama Kristen. Namun, untuk memperlengkapi dan menolong mereka dalam pengenalan akan firman Tuhan, mereka memerlukan:

- Alat-alat studi Alkitab dalam bahasa Sougb: https://labs.sabda.org/Bahasa_Sougb

- Alkitab Karaoke dalam bahasa Sougb: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.sabda.alkitabkaraoke

- Audio Kabar Baik 1-35, dan Firman Hidup dalam Bahasa Sougb: http://globalrecordings.net/id/language/1002

- Traktat "Tuhan Yesus Menyelamatkanmu": http://media.sabda.org/traktat/Tuhan_Yesus_Menyelamatkanmu/Tuhan_Yesus_Menyelamatkanmu.pdf

POKOK DOA

1. Berdoalah kepada Tuhan Yesus supaya suku Sougb selalu setia dalam mengikuti Kristus dan beriman kepada-Nya.

2. Berdoalah kepada Tuhan Yesus supaya melalui alat-alat studi Alkitab dalam bahasa Sougb, mereka makin antusias untuk mendalami firman Tuhan dan melakukannya dalam kehidupan mereka.

3. Berdoalah kepada Tuhan Yesus supaya kehidupan suku Sougb senantiasa diberkati oleh-Nya, dan supaya suku Sougb makin terdorong untuk giat memberitakan firman Tuhan.

Dirangkum dari:

1. _____. "Mengenal Suku-Suku Pedalaman Pegunungan Papua Barat". Dalam https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4184719/mengenal-suku-suku-pedalaman-pegunungan-papua-barat

2. _____. "Suku Souk". Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Souk

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org