Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/6

Doa 40 Hari 2020 edisi 6 (19-4-2020)

Alkitab Suku Dairi

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- MINGGU, 19 APRIL 2020

ALKITAB SUKU DAIRI

Suku Batak Dairi atau Batak Pakpak adalah salah satu suku bangsa Batak yang berada di provinsi Sumatra Utara, Indonesia, yang menetap di Kabupaten Dairi dan sekitarnya.

Suku Dairi ini sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani, dan mengelola perkebunan karena wilayahnya memiliki daerah beriklim tropis dan kondisi geografis yang berbukit-bukit. Menurut pendapat masyarakat suku Batak Pakpak, suku Batak Dairi merupakan bagian dari lima subsuku Batak Pakpak, yaitu: Pegagan, Keppas, Simsim, Klasen, dan Boang. Namun, hal ini tidak diterima oleh suku Dairi sendiri. Menurut mereka, yang disebut suku Batak Pakpak adalah hanya puak Pegagan, puak Keppas, dan puak Simsim, sedangkan puak Klasen dan puak Boang merupakan kelompok suku Batak Dairi.

Seperti halnya suku Batak lainnya, suku Dairi juga menganut adat Mangulosi, yaitu adat tradisi memberikan kain ulos (kain tenun khas Batak) kepada seseorang, biasanya pada upacara pernikahan. Akan tetapi, Mangulosi hanya bisa dilakukan oleh hula-hula, yakni orang-orang yang dituakan dalam suku Batak. Bagi suku Batak Dairi dan suku Batak pada umumnya, kain ulos bermakna untuk memberi perlindungan dari segala keadaan. Dengan demikian, Mangulosi punya makna pemberian berkat dan perlindungan. Mangulosi hanya bisa diberikan oleh mereka yang tua kepada mereka yang muda.

Suku Dairi memiliki populasi sebanyak 1.997.000 jiwa yang rata-rata menganut agama Kristen Protestan sebesar 79%, Islam 20%, dan agama etnis 1%. Meskipun mayoritas suku Batak Dairi beragama kristen, tetapi masih ada dari masyarakatnya yang berhubungan dengan ritual gaib.

Dari uraian di atas, kita melihat bahwa suku Dairi membutuhkan Alkitab dan alat studi Alkitab yang ada dalam bahasa Dari agar mereka semakin mengenal Kristus, Sang Kebenaran Sejati. Untuk memperlengkapi pelayanan dan penginjilan kepada suku Dairi, kita dapat menggunakan alat studi Alkitab serta beberapa bahan pelengkap sebagai berikut:

- Alkitab mobile suku Dairi: http://alkitab.mobi/dairi/

- Aplikasi studi Alkitab bahasa Dairi: https://labs.sabda.org/Bahasa_Batak_Dairi

- Alkitab audio suku Dairi: http://audio.sabda.org/download_audio_alkitab_bahasa_dairi_full

- Bahan-bahan audio penginjilan dalam bahasa Dairi: https://globalrecordings.net/en/language/7856

- Proyek film Yesus berbahasa Dairi: https://www.jesusfilm.org/search.html?q=dairi

- Resources suku Dairi: https://bakat.sabda.org/76-btd-001.html

POKOK DOA

1. Berdoalah kepada Tuhan supaya masyarakat Batak Dairi yang masih melakukan ritual gaib dapat bertobat dan kembali kepada Terang yang sejati, yaitu Kristus.

2. Berdoalah kepada Tuhan supaya setiap hamba Tuhan yang memberitakan Injil bagi suku Batak Dairi dapat diperlengkapi dengan bekal hikmat, kemampuan, kekuatan, dan perlindungan untuk memenangkan jiwa yang belum percaya kepada Kristus.

3. Berdoalah kepada Tuhan supaya melalui pelayanan anak-anak Tuhan yang ada di sana, Alkitab dan alat studi Alkitab dalam bahasa suku Dairi dapat disebarluaskan dan dipakai oleh masyarakat Dairi.

Dirangkum dari:

1. _____. "Suku Batak Dairi". Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Batak_Dairi

2. _____. "Batak Dairi, Satu Budaya dengan Batak Pakpak". Dalam https://pesona.travel/keajaiban/4700/batak-dairi-satu-budaya-dengan-batak-pakpak

3. _____. "Batak Dairi in Indonesia". Dalam https://joshuaproject.net/people_groups/10719/ID

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org