Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/5

Doa 40 Hari 2020 edisi 5 (18-4-2020)

Alkitab Suku Sunda

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SABTU, 18 APRIL 2020

ALKITAB SUKU SUNDA

Suku Sunda merupakan kelompok suku terbesar di Indonesia yang belum terjangkau Kabar Baik; wilayah domisili mereka adalah di provinsi Jawa Barat. Area yang ditinggali oleh suku Sunda disebut "Tatar Sunda". Suku Sunda tinggal berdekatan dengan suku Jawa, Banten, Betawi, dan suku Jawa bagian pesisir barat. Suku Sunda juga disebut orang Priangan atau Parahyangan.

Suku Sunda merupakan pemeluk agama Islam yang kuat. Di Indonesia, suku Sunda berjumlah sekitar 38 juta orang, dan telah memiliki akses kepada Injil, tetapi masih tergolong sebagai suku yang tak terjangkau. Hampir seluruh suku Sunda menganut agama Islam Sunni, yang juga merupakan cabang terbesar dari agama Islam. Pemeluk agama Islam Sunni mengikuti pengajaran Al-Qur'an dan menganggap empat kalifah pertama sebagai penerus sah Nabi Muhammad. Mayoritas orang Sunda beragama Islam (sekitar 99,8%). Ada juga sebagian kecil orang Sunda yang beragama Kristen (sekitar 0,1%) dan Sunda Wiwitan (sekitar 0,1%). Agama Sunda Wiwitan masih bertahan di beberapa komunitas pedesaan suku Sunda, seperti di Kuningan dan masyarakat Sunda di Baduy, Lebak, Banten. Di beberapa daerah lain, ajaran Islam berbaur dengan budaya tradisional setempat. Suku Sunda selalu berusaha untuk hidup selaras dengan alam. Mereka melakukan upacara-upacara tradisional dan memiliki prinsip gotong-royong untuk mencapai tujuan bersama. Dalam legenda "Lutung Kasarung", terdapat kepercayaan bahwa Tuhan turun ke dunia untuk melindungi umat manusia. Inkarnasi inilah yang disebut dewata (dewa/dewi).

Dari generasi ke generasi, suku Sunda mendiami tanah Jawa Barat. Bahasa suku mereka adalah bahasa Sunda. Karena kesuburan tanahnya, wilayah Jawa Barat sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Orang Sunda percaya bahwa memiliki karakter kasundaan merupakan jalan terbaik untuk hidup. Karakter-karakter ini, yaitu: "cageur" (sehat), "bageur" (baik), "beneur" (benar), "singeur" (rendah hati), dan "pinteur" (pandai). Karakter-karakter tersebut selalu dikejar dan menjadi tujuan orang-orang Sunda sejak zaman Kerajaan Salakanagara (130-362 M). Walaupun mereka tinggal di pulau Jawa, suku Sunda tidak menganggap wilayah mereka sebagai tanah Jawa, melainkan tatar Sunda dengan kebudayaan yang terpisah. Seseorang yang berpindah dari Jawa Barat ke Jawa Tengah atau Jawa Timur dikatakan pindah ke "Jawa".

Menurut data statistik, penduduk Jawa Barat masih memiliki tingkat kelaparan yang tinggi. Oleh karena itu, suku Sunda memerlukan bantuan dan arahan dalam meningkatkan standar hidupnya. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan. Terdapat pula kebutuhan dalam investasi dan modernisasi dalam bidang pertanian. Area lain yang juga memerlukan perhatian adalah bidang Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dari uraian di atas, kita melihat bahwa suku Sunda membutuhkan pelayanan Kabar Baik agar mereka dapat mengenal Kristus, Sang Kebenaran Sejati. Untuk memperlengkapi pelayanan dan penginjilan kepada suku Sunda, kita dapat menggunakan alat studi Alkitab serta beberapa bahan pelengkap sebagai berikut:

- Alkitab mobile suku Sunda: http://alkitab.mobi/sunda/

- Aplikasi studi Alkitab bahasa Sunda: https://labs.sabda.org/Bahasa_Sunda

- Audio Alkitab suku Sunda: http://audio.sabda.org/download_audio_alkitab_bahasa_sunda_full

- Bahan-bahan audio penginjilan dalam bahasa Sunda: https://globalrecordings.net/en/language/689

- Proyek film Yesus berbahasa Sunda: https://www.jesusfilm.org/search.html?q=Sunda

- Resources suku Sunda: https://bakat.sabda.org/600-sun-001.html

POKOK DOA

1. Berdoa agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus, berkat, dan kasih-Nya di tengah-tengah suku Sunda agar terang dan kemuliaan Tuhan bercahaya atas mereka. Berdoa agar hati mereka disentuh oleh kasih Tuhan melalui berbagai cara, dan mereka yang berseru kepada-Nya akan diselamatkan.

2. Berdoa agar Tuhan yang empunya tuaian membangkitkan gereja-Nya untuk bersatu dan bekerja sama, menyediakan pekerja: pendoa syafaat, penerjemah Alkitab, kaum profesional, penabur, dan penuai untuk memberkati dan meningkatkan kesejahteraan hidup suku Sunda.

3. Berdoa agar ada lembaga Alkitab dan gereja yang digerakkan oleh Tuhan untuk mengadopsi Alkitab suku Sunda dan juga terbeban dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Dirangkum dari:

1. _____. "Suku Sunda". Dalam https://misi.sabda.org/profilo_isi.php?id=56

2. _____. "People Name: Sunda of Indonesia". Dalam https://www.peoplegroups.org/explore/GroupDetails.aspx?peid=22435#topmenu

3. _____. "Suku Sunda". Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Sunda

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org