Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/3

Doa 40 Hari 2020 edisi 3 (16-4-2020)

Alkitab Suku Jawa Suriname

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- KAMIS, 16 APRIL 2020

ALKITAB JAWA-SURINAME

Sejarah kedatangan orang-orang Jawa di Suriname dimulai pada 1894. Awalnya, pemerintah kolonial Belanda yang menduduki Suriname membutuhkan banyak pekerja kontrak untuk bekerja sebagai buruh perkebunan dan pabrik di sana. Kegiatan pengiriman tenaga kontrak dari Pulau Jawa kemudian berlanjut hingga 1914 melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta yang saat itu masih bernama Batavia.

Sebagian besar masyarakat Jawa yang berangkat ke Suriname berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain dari Tanjung Priok, masyarakat Jawa juga berangkat ke Suriname melalui pelabuhan di Surabaya dan Semarang.

Saat ini, masyarakat Jawa di Suriname tersebar di beberapa kota besar di sana, seperti ibu kota Paramaribo, Commewijne, dan Wanica. Mereka hidup berbaur dengan etnis masyarakat lainnya di sana, seperti suku India-Suriname, Maroon, dan Kreol.

Saat ini, Alkitab dalam bahasa Jawa-Suriname sudah dilengkapi dengan ekosistem yang terintegrasi dan dapat menunjang pembelajaran firman Tuhan dalam bahasa Jawa-Suriname. Untuk mengenal lebih jauh tentang Jawa-Suriname dan menjangkau mereka bagi Tuhan melalui Alkitab suku, referensi berikut ini semoga dapat menolong Anda:

- Alkitab mobile Jawa-Suriname: https://alkitab.mobi/jawasur/

- Alat-alat studi Alkitab dalam bahasa Jawa-Suriname: https://labs.sabda.org/Bahasa_Jawa_Suriname

- Audio Alkitab dalam bahasa Jawa-Suriname: https://audio.sabda.org/download_jawa_suriname_full

- Film Yesus dalam bahasa Jawa-Suriname: https://www.jesusfilm.org/search.html?q=javanese

- Audio Kabar Baik dalam bahasa Jawa-Suriname: http://globalrecordings.net/id/language/4122

POKOK DOA

1. Mintalah kepada Tuhan untuk menguatkan, mendorong, dan melindungi orang-orang percaya yang saat ini sedang menjangkau masyarakat suku Jawa di Suriname ataupun etnis-etnis lain di sana yang belum mengenal Kristus.

2. Mintalah Roh Kudus untuk melembutkan hati masyarakat Suriname agar mereka mau menerima Injil. Berdoa juga agar Tuhan menumbuhkan gereja lokal yang kuat dan bertumbuh di Suriname.

3. Mari berdoa pula untuk segenap staf YLSA agar Tuhan memberikan kemampuan dan hikmat untuk menyediakan bahan-bahan pembelajaran Alkitab yang baru dalam bahasa Jawa-Suriname agar lebih memberkati para pemakainya.

Diambil dari:

Nama situs: Tagar.id

Alamat situs: https://www.tagar.id/mengenal-suriname-yang-didiami-banyak-orang-jawa

Judul asli artikel: Mengenal Suriname yang Didiami Banyak Orang Jawa

Penulis artikel: R. Antares P.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org