Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/1

Doa 40 Hari 2020 edisi 1 (14-4-2020)

Alkitab Suku Batak Karo

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SELASA, 14 APRIL 2020

ALKITAB SUKU BATAK KARO

Statistik

Populasi: 965.000

Kristen: 70,00%

Islam: 25%

Pamena: 5%

Suku Karo tinggal di provinsi Sumatra Utara. Suku ini merupakan salah satu suku terbesar di Sumatra Utara. Wilayah orang Karo disebut "Taneh Karo", dan orang-orang Karo tinggal di Kabupaten Karo, Deli Serdang, Langkat, Aceh Timur, Dairi, dan Simalungun. Suku ini memiliki bahasa yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu bahasa Karo atau "Cakap Karo". Orang Batak Karo adalah penduduk asli Dataran Tinggi Karo, Sumatra Utara. Tanah yang mereka tinggali cukup subur, dan mereka bekerja sebagai petani untuk mencukupi kebutuhan hidup. Di Kabupaten Karo, beberapa jalan mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki karena mereka membutuhkan jalan ini untuk terhubung dari satu desa ke desa lainnya.

Orang-orang Karo mayoritas beragama Kristen. Agama Pamena merupakan agama pertama suku Karo. Pakaian adat tradisional mereka disebut "Uis Gara". "Uis Gara" diambil dari bahasa Karo. "Uis" berarti kain dan "Gara" berarti merah sehingga Uis Gara berarti kain merah. Saat ini, sudah tidak banyak masyarakat Karo yang mengenakan "Uis Gara" sebagai pakaian harian. "Uis Gara" hanya akan dipakai dalam acara-acara resmi dan upacara adat. Namun, dahulu sebenarnya, "Uis Gara" merupakan pakaian sehari-hari bagi masyarakat Batak Karo.

Suku Karo memiliki lima marga besar yang disebut sebagai "Merga Silima", yaitu marga Karo-Karo, Sembiring, Perangin-Angin, Ginting, dan Tarigan. Masing-masing induk marga ini memiliki subinduk marga yang lainnya.

Saat ini, Alkitab dalam bahasa Batak Karo sudah dilengkapi dengan ekosistem yang terintegrasi dan dapat menunjang untuk mempelajari firman Tuhan dalam bahasa Karo. Untuk mengenal lebih jauh tentang suku Karo dan menjangkau mereka bagi Tuhan melalui Alkitab suku, referensi berikut ini semoga dapat menolong Anda:

- Alkitab mobile suku Karo: https://alkitab.mobi/karo/

- Aplikasi studi Alkitab bahasa Karo: https://labs.sabda.org/Bahasa_Batak_Karo

- Alkitab audio dalam bahasa Karo: https://audio.sabda.org/download_audio_alkitab_bahasa_karo_full

- Proyek film Yesus berbahasa Karo: https://www.jesusfilm.org/search.html?q=karo

- Audio drama dan Kabar Baik dalam bahasa Karo: http://globalrecordings.net/id/language/671

- Resources suku Karo: https://bakat.sabda.org/600-@-001.html

POKOK DOA

1. Berdoalah kepada Tuhan untuk menguatkan, menggerakkan, dan mendorong gereja agar dapat semakin efektif dalam memberitakan firman Tuhan.

2. Mintalah kepada Tuhan supaya orang-orang percaya dapat menjadi berkat bagi masyarakat Karo yang belum percaya sehingga melaluinya, Injil Kristus dapat tersampaikan kepada mereka.

3. Berdoalah agar Alkitab dan ekosistemnya dalam bahasa Batak Karo dapat dipakai untuk menumbuhkan iman percaya masyarakat Kristen di sana, sehingga kehidupan mereka bisa berbuah bagi orang-orang yang belum percaya.

Dirangkum dari:

1. _____. "Batak Karo in Indonesia". Dalam https://joshuaproject.net/people_groups/18879/ID

2. _____. "Suku Karo". Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Karo

3. _____. "Fakta Unik Pakaian Adat Suku Karo Sumut". Dalam https://pesona.travel/keajaiban/3772/fakta-unik-pakaian-adat-suku-karo-sumut

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org