Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/9

Doa 40 Hari 2019 edisi 9 (1-5-2019)

Hari 8. Suku Aceh

[40-Hari-2019] Suku Aceh, Indonesia/[08]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- RABU, 1 MEI 2019

SUKU ACEH, INDONESIA

Orang Aceh tinggal di ujung bagian utara pulau Sumatra di provinsi Daerah Istimewa Aceh. Ibu kotanya adalah Banda Aceh, yang biasa dikenal dengan sebutan "Serambi Mekkah". Provinsi Aceh merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang telah menerapkan Hukum Syariat Islam, yang secara sah telah dilembagakan/diterapkan. Meski demikian, hingga kini, kelompok orang dari etnis lain bebas untuk beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Mayoritas orang Aceh adalah kaum muslim Sunni. Meski merupakan umat yang taat menjalankan ibadah berdasarkan agama Islam, banyak orang Aceh masih dipengaruhi oleh kepercayaan animisme -- percaya kepada roh-roh dan berbagai takhayul. Kepercayaan-kepercayaan ini berkisar pada pencarian perlindungan melalui hal yang bersifat magis dengan cara menenangkan atau mengendalikan roh-roh yang baik dan/atau yang jahat.

Daerah Istimewa Aceh kaya akan sumber daya alam, seperti: hasil pertanian, pertambangan, industri, dan lain-lain. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat potensial. Namun, keterbatasan infrastruktur di daerah ini menjadi faktor penghambat pengembangan pariwisata sebagai industri daerah. Sebelum mencapai potensi ekonomi mereka secara maksimal, dari segi sumber daya manusia, orang Aceh perlu meningkatkan keterampilan/keahlian mereka dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya demi kesejahteraan daerah ini.

POKOK DOA

1. Mari kita berdoa agar Roh Kudus membuka jalan untuk kasih Kristus dinyatakan bagi orang-orang Aceh, dan melembutkan hati orang Aceh sehingga mereka dapat melihat terang Allah. Berdoalah juga supaya anak-anak Tuhan di Aceh berani menyaksikan perbuatan Allah yang besar kepada saudara-saudara mereka yang belum percaya.

2. Doakan agar sumber-sumber alam di Aceh dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat di sana. Doakan juga agar masyarakat Aceh dapat lebih meningkatkan potensi diri sehingga mereka bisa berkarya dengan maksimal.

Diringkas dari:

Nama situs: e-Misi

URL: http://misi.sabda.org/aceh-indonesia

Judul asli artikel: Aceh, Indonesia

Penulis artikel: Tim Joshua Project

Baca Alkitab bahasa Aceh: http://alkitab.mobi/aceh/

Dengar Alkitab bahasa Aceh: http://audio.sabda.org/download_aceh_full

Kontak: doa(at)sabda.org

Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari

(c) 2019 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org