Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/6

Doa 40 Hari 2019 edisi 6 (29-4-2019)

Suku Bugis

[40-Hari-2019] Suku Bugis, Indonesia/[06]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SENIN, 29 APRIL 2019

SUKU BUGIS, INDONESIA

Orang-orang Bugis (terkadang disebut Ugi) tinggal di provinsi Sulawesi Selatan. Wilayah orang Bugis disebut Tellumponcoe, dan terdiri dari kabupaten-kabupaten Bone, Wajo, dan Soppeng. Ada juga orang-orang Bugis yang tinggal di kabupaten-kabupaten Luwu, Sidenreng, Polmas, Pinrang, Pare-pare, Barru, Pangkajene, Maros, Bulukumba, dan Sinjai. Orang-orang Bugis adalah orang-orang yang dinamis dan sangat gesit. Mereka dianggap sebagai kelompok suku yang dominan di Sulawesi Selatan.

Sebagian besar orang Bugis mencari nafkah dengan berburu, menjala ikan, berkebun, beternak atau membuat kerajinan tangan. Biasanya, orang Bugis yang tinggal di daerah pegunungan mendapat nafkah dengan mengelola tanah, sedangkan mereka yang tinggal di daerah pesisir biasanya bekerja sebagai nelayan.

Orang-orang Bugis terkenal sebagai penganut Islam Sunni yang taat. Akan tetapi, banyak dari mereka masih terikat sistem tradisional tentang kepercayaan animistik (panngaderreng). Sebagian karena nilai-nilai agama mereka, kebudayaan tradisional mempunyai pengaruh besar kepada orang-orang Bugis.

Saat ini, orang-orang Bugis memerlukan investasi finansial dan modernisasi dalam perkapalan umum dan industri perikanan karena orang-orang Bugis memiliki potensi besar dalam sektor-sektor ini. Selain itu, sebagian besar potensi Sulawesi Selatan dalam sektor pertambangan dan industri belum dimanfaatkan karena kurangnya orang-orang ahli dan investasi.

POKOK DOA

1. Mintalah kepada Tuhan untuk menguatkan, mendorong, dan melindungi anak-anak-Nya yang sedang mencoba menjangkau orang-orang Bugis bagi Kristus.

2. Mintalah Roh Kudus untuk melembutkan hati orang-orang Bugis terhadap orang-orang Kristen sehingga mereka mau menerima Injil. Berdoa juga agar Tuhan menumbuhkan gereja lokal yang kuat di antara orang-orang Bugis.

Diringkas dari:

Nama situs: e-Misi

URL: http://misi.sabda.org/profilo_isi.php?id=15

Judul asli artikel: Suku Bugis

Penulis artikel: Tim Joshua Project

Baca Alkitab bahasa Bugis: http://alkitab.mobi/bugis/

Kontak: doa(at)sabda.org

Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari

(c) 2019 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org