Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/37

Doa 40 Hari 2019 edisi 37 (1-6-2019)

Yordania -- Berharap Pahala dari Allah

[40-Hari-2019] Yordania - Berharap Pahala dari Allah!/[37]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SABTU, 1 JUNI 2019

YORDANIA - BERHARAP PAHALA DARI ALLAH!

Penduduk asli Yordania adalah orang-orang Bedouin yang hidup berpindah-pindah. Banyak dari tradisi yang mereka masih jalankan membentuk sebuah budaya, seperti dalam hal memberikan keramahtamahan. Contohnya, ada aturan Bedouin yang menetapkan bahwa orang asing harus disambut setidaknya selama tiga hari dan disediakan makanan serta tempat untuk tidur. Pada masa ketika harga makanan dan bensin terus meningkat - sedangkan gaji tetap di level yang sama - ini merupakan tantangan khusus. Kemiskinan terus meningkat.

Meskipun sebagian besar penduduk Yordania yang jumlahnya hampir 8 juta adalah muslim, tetapi masih ada persentase kecil orang Kristen di dalamnya (diperkirakan antara 2,5 - 4%). Namun begitu, orang-orang Kristen di Yordania sering hidup dalam keterasingan dari umat Islam. Ketika seorang muslim berubah menjadi pengikut Kristus, mereka mengalami tekanan keras dari keluarga dan masyarakat dan dianggap sebagai pengkhianat. Pembunuhan demi kehormatan adalah sesuatu yang dianggap biasa dan wajar.

Selama bulan Ramadan di Yordania, kami diundang untuk makan malam bersama-sama teman-teman muslim dengan hidangan prasmanan penuh dengan makanan. "Fatma, mengapa keramahtamahan begitu penting bagi Anda?" demikian saya bertanya kepada teman saya.

Dia menjawab: "Demi alasan budaya dan agama. Satu hal perlu dicatat, bahwasanya akan menjadi aib budaya jika seseorang tidak menunjukkan kemurahan hati kepada tamu, tetapi saya ingin bermurah hati untuk berkenan kepada Tuhan. Terutama selama bulan Ramadan ada kemungkinan besar bahwa Tuhan akan mengampuni dosa-dosa kami, dan perbuatan baik kami akan menjadi berlipat ganda di hadapan-Nya." "Saya tidak mengharapkan apa-apa dari para tamu - saya tidak ingin mendapatkan pahala duniawi atas keramahtamahan saya. Saya hanya berharap menerima pahala dari Tuhan."

POKOK-POKOK DOA

1. Anak-anak Tuhan dari latar belakang muslim yang tinggal di Yordania membutuhkan keberanian dan hikmat untuk hidup dan menyaksikan iman meraka.

2. Pemerintah membutuhkan kebijaksanaan untuk menghadapi tantangan ekonomi dan banyaknya jumlah pengungsi yang tinggal di Yordania.

3. Yakobus 2:14-26 membahas peran iman dan perbuatan dalam iman Kristen. Berdoa agar iman dan kasih orang-orang percaya di Yordania disempurnakan, seperti yang digambarkan Yakobus.

Kontak: doa(at)sabda.org

Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari

(c) 2019 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org