Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/24

Doa 40 Hari 2019 edisi 24 (11-5-2019)

Hari 16. Minum Teh di Antara Orang Kazakhstan

[40-Hari-2019] Minum Teh di Antara Orang Kazakhstan/[16]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SABTU, 11 MEI 2019

MINUM TEH DI ANTARA ORANG KAZAKHSTAN

Ketika Saudara mendapatkan undangan seperti ini dari keluarga Kazakh, Saudara akan menerima makanan lengkap, bukan hanya minuman. Akan dihidangkan banyak teh juga, yaitu teh yang lezat dengan banyak susu.

Orang Kazakh adalah kelompok muslim di Asia Tengah. Sebagian besar tinggal di Kazakhstan, tetapi di negara-negara terdekat ada kelompok-kelompok minoritas Kazakh, yang berusaha untuk melestarikan budaya dan bahasa mereka yang unik. Di kawasan pedesaan, sebagian dari mereka adalah pengembara, merawat kawanan ternak mereka dan tinggal di Yurt tradisional berupa tenda yang terbuat dari wol.

Saudara tidak perlu menunggu undangan dari teman-teman Kazakh. Saudara dapat mengunjungi kapan saja untuk mengobrol dan minum beberapa cangkir teh susu dan menikmati roti goreng kecil yang disebut "bauarsak". Di antara orang-orang yang ramah ini, ada beberapa orang Kazakh yang sudah mengikut Kristus. Hal ini bisa membawa masalah dan penganiayaan, tetapi tidak separah di daerah lain.

"Naomi" sudah menjadi pengikut Yesus beberapa tahun, dan dia berkeinginan untuk menunjukkan keramahan, bahkan melebihi apa yang diharapkan dalam budaya mereka. Karena dia tinggal dalam kota yang dekat rumah sakit, pengunjung yang dari kawasan pedesaan akan menghubunginya untuk tinggal di rumahnya sementara mereka atau anggota keluarga menerima perawatan di rumah sakit itu.

Suami Naomi masih belum percaya, tetapi dia pernah berkata kepadanya, "Kita tahu bagaimana rasanya menjadi orang sakit, miskin, dan berkekurangan, jadi kita harus membantu orang-orang ini." Memiliki rumah yang terbuka memungkinkan dia untuk menunjukkan kasih Yesus kepada orang lain.

POKOK-POKOK DOA

1. Biarlah Roma 12:12-14 menginspirasi Saudara untuk berdoa bagi orang Kristen Kazakh ketika mereka menunjukkan kasih Tuhan Yesus dan membagikan iman mereka melalui keramahtamahan.

2. Berdoa untuk para pekerja Kristen yang sedang memuridkan orang Kazakh agar mereka bisa mendorong pertumbuhan dan kesaksian gereja Kazakh.

3. Berdoa untuk orang-orang Kazakh yang tersebar di negara-negara lain agar mereka membentuk komunitas yang baik, dan melalui budaya keramahan, mereka dapat menjalin pertemanan dan beroleh berkat.

Kontak: doa(at)sabda.org

Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari

(c) 2019 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org