Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/17

Doa 40 Hari 2019 edisi 17 (6-5-2019)

Hari 11. Fulani dari Sahel

[40-Hari-2019] Fulani dari Sahel/[11]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- SENIN, 6 MEI 2019

FULANI DARI SAHEL

Piring-piring yang dipakai kemarin tergeletak dalam tumpukan dekat pintu "rumah lumpur" milik Issata. Matahari beranjak meninggi dan pasir berkilau di bawah teriknya siang hari. Para pendatang, yang tiba 3 bulan lalu, masih tertidur di bawah tenda di tengah-tengah pelataran rumahnya. Setelah bangun dari lelapnya tidur, mereka disegarkan dengan minuman kembang sepatu dingin, "couscous millet", dan rebusan dedaunan. Issata bangkit, mencuci muka, tangan, dan kakinya, lalu sujud untuk berdoa.

Issata adalah seorang wanita Fulani. Fulani adalah kelompok masyarakat nomaden terbesar di dunia dan kelompok orang yang belum terlayani terbesar di Afrika. Dengan jumlah populasi 35 juta, mereka tersebar dari timur ke barat Afrika melintasi Sahel. Seperti kebanyakan wanita Fulani, Issata menjalani hidup 9 hingga 10 bulan dalam setahun tanpa suami. Kaum laki-laki Fulani bepergian untuk bekerja sebagai gembala atau pedagang, sementara kaum perempuan tinggal di desa-desa kecil menunggu suami mereka pulang.

Kehidupan Issata terpusat pada koddirgal: nilai tertinggi dalam kode-etik perilaku Fulani, yaitu keramahtamahan! Dia tidak pernah bertanya kepada tamu berapa lama mereka akan tinggal atau meminta bantuan untuk pekerjaan rumah tangga atau tagihan makanan. Dia melayani mereka dengan keramahan dan kerelaan hati sampai mereka beranjak pergi, entah itu dalam hitungan jam, ataupun tahunan. Ini adalah cara Fulani, dan Issata adalah peragaan yang indah dari sambutan yang tanpa batas ini.

POKOK-POKOK DOA

1. Berdoa agar para wanita Fulani di desa mereka sendiri akan mengalami perlindungan, pemeliharaan, dan kedamaian dari Tuhan seperti halnya janda dari Sarfat yang mengutamakan Tuhan dengan melayani nabi Elia (1 Raja-Raja 17:7-15).

2. Berdoa agar Tuhan mengutus para duta Injil yang akan melayani di antara 35 juta orang Fulani yang sedang bergerak melintasi Afrika.

3. Berdoa agar ketika keluarga Fulani memberikan keramahan kepada orang lain, mereka akan beroleh pengalaman dengan Pribadi yang berkata, "Lihatlah! Aku berdiri di depan pintu dan mengetuk. Jika ada orang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk kepadanya dan makan bersamanya, dan dia bersama-Ku" (Why. 3:20).

Kontak: doa(at)sabda.org

Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari

(c) 2019 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org