Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/14

Doa 40 Hari 2019 edisi 14 (9-5-2019)

Kopi Bosnia-Herzegovina

[40-Hari-2019] Kopi Bosnia-Herzegovina/[14]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- KAMIS, 9 MEI 2019

KOPI BOSNIA-HERZEGOVINA

Kopi di Bosnia-Herzegovina (BiH) bukan sekadar minuman pilihan yang Anda tuangkan untuk memulai hari Anda. Tidak, kafe di BiH adalah sebuah event, bukan sekadar santai biasa.

Siang atau malam, jalan-jalan di BiH dipenuhi dengan kafe-kafe, penuh dengan orang-orang yang berbicara dengan tenang ditemani cangkir kecil kopi tradisional Bosnia, yang tebal dan kuat. Di BiH, tidak banyak kegiatan yang berlangsung tanpa kopi. Baik itu pertemuan bisnis, mendaki salah satu gunung Olimpi, perjalanan arung jeram, perayaan ulang tahun atau sekadar menikmati sore musim panas dengan teman dan tetangga. Kopi menyatukan orang-orang di negeri yang terbagi ini (Bosnia - Herzegovina).

Perang saudara yang mengakibatkan kehancuran pada 1990-an telah memisahkan tiga kelompok utama orang di Bosnia, yaitu: Bosniaks (kebanyakan muslim), Kroasia (kebanyakan Katolik), dan Serbia (sebagian besar Kristen Ortodoks Timur). Pemisahan ini telah membangkitkan nasionalisme yang berakar dalam dan membuat orang Bosniaks semakin sulit mendengar dan menanggapi Injil dengan jelas. Namun, ada beberapa yang sudah mulai mengikut Yesus, dan orang-orang percaya ini mulai memuridkan yang lain. Di kafe-kafe dan di rumah-rumah, sambil minum kopi, orang-orang Bosnia membaca Alkitab dan menemukan harapan dan kebebasan yang ditawarkan melalui Yesus.

POKOK-POKOK DOA

1. Rekonsiliasi yang sejati diperlukan untuk menyatukan kembali orang-orang BiH. Berdoa agar tubuh Kristus dapat mengarahkan jalan untuk mewujudkan hal ini (lihat 1 Korintus 12:12-14).

2. Berdoa agar orang Kristen dan utusan Injil dari BiH mendapat kesempatan untuk memuridkan jiwa-jiwa pada saat mereka menikmati kopi bersama, dan agar orang Bosniaks memiliki hati yang terbuka dan minat yang lebih besar tentang Yesus.

3. Berdoa agar kasih dan pengampunan Tuhan akan menembus kepahitan, kecurigaan, perasaan tidak terampuni, dan prasangka yang masih melekat di Bosnia, selama lebih dari 20 tahun setelah perang.

Kontak: doa(at)sabda.org

Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari

(c) 2019 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org