Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/40hari/13

Doa 40 Hari 2019 edisi 13 (8-5-2019)

Secangkir Teh di Mali

[40-Hari-2019] Secangkir Teh di Mali/[13]

40 HARI MENGASIHI BANGSA DALAM DOA -- RABU, 8 MEI 2019

SECANGKIR TEH DI MALI

Mali adalah negara yang terkurung daratan di Afrika Barat, berpenduduk 18 juta jiwa dan 90% dari mereka adalah muslim. Mali dahulunya adalah negeri yang damai, tetapi sejak 2012 telah terjadi kerusuhan dan konflik di bagian utara negara itu, yang digerakkan oleh kelompok-kelompok militan Islam. Kekerasan dan ketidakstabilan pemerintahan telah menyebabkan meningkatnya kemiskinan dan perpecahan etnis.

Namun, semua suku di Mali berkata, "Orang asing lebih berharga daripada Anda!" Jika Saudara datang sebagai orang asing ke sebuah desa, Saudara akan menemukan keluarga untuk tinggal bersama, makanan dan air. Bahkan, mereka yang tidak kaya pun akan berbagi makanan dengan pelancong. Seorang asing bahkan akan diberikan nama keluarga setempat. Dengan begitu, mereka akan diberi tempat di masyarakat dan diperlakukan sebagai seseorang yang berasal dari kelompok etnis atau kasta yang menyandang nama keluarga itu.

Akan tetapi, sesuatu hal yang benar-benar mempersatukan orang Mali adalah kebiasaan berbagi segelas kecil teh beberapa kali sehari. Setiap sore, Saudara akan melihat orang-orang berkumpul mengitari sebuah teko di jalan-jalan, di sudut-sudut jalan, di depan rumah seseorang, atau di luar toko lokal. Membuat teh yang baik adalah proses yang lambat dan, bersamaan dengan itu, berlangsung pula perbincangan mengenai keluarga, politik, agama atau sepak bola.

POKOK-POKOK DOA

1. Bangsa-bangsa dihancurkan oleh korupsi, kekerasan, prasangka, dan ekstremisme, tetapi mereka dibangun oleh kejujuran, kedamaian, persatuan, dan kasih sayang. Berdoa agar berkat-berkat Mazmur 67:2-8 tercurah atas orang-orang Mali.

2. Berdoa agar ada banyak orang Mali yang akan disambut masuk ke dalam keluarga Kristus, sebagaimana dijelaskan dalam Efesus 2:18-20.

3. Berdoa untuk perlindungan para pemberita Injil yang melayani orang-orang Mali. Berdoa agar lebih banyak orang Kristen di gereja-gereja lokal yang menyampaikan berita Injil dan memuridkan bangsa mereka.

Kontak: doa(at)sabda.org

Berlangganan: subscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Berhenti: unsubscribe-i-kan-buah-doa(at)hub.xc.org

Arsip: http://sabda.org/publikasi/40hari

(c) 2019 oleh e-DOA dan "MENGASIHI BANGSA DALAM DOA"

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org