Menikmati Pemeliharaan Allah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 705 - Melayani Generasi Digital Native (II)

Ditulis oleh: Davida

Bacaan Alkitab: Matius 6:25-34

Tujuan:

  1. Mengajar anak untuk mengamati pemeliharaan Allah melalui hal-hal sederhana yang mungkin mereka lewatkan setiap hari.
  2. Mengajarkan tentang berharap kepada Allah setiap waktu.
  3. Mendorong anak-anak untuk selalu percaya kepada Allah, apa pun keadaan hidup mereka.

Materi untuk Persiapan Guru:
Secara garis besar, Matius 6:25-34 merupakan penjabaran mengenai perintah Allah untuk jangan khawatir. Menurut Matthew Henry, nyaris tidak ada satu pun dosa yang diperingatkan Yesus, Tuhan kita, kepada murid-murid-Nya dengan lebih panjang lebar dan lebih sungguh-sungguh, atau yang untuknya Ia mempersenjatai mereka dengan penjelasan-penjelasan yang lebih beragam, daripada dosa mengkhawatirkan kebutuhan-kebutuhan hidup yang membuat gelisah, bingung, dan waswas. Sikap seperti ini merupakan pertanda buruk bahwa baik harta maupun hati berada di bumi. Oleh sebab itu, Ia sangat menekankan masalah ini.

Dalam era digital ini, salah satu bahaya yang mengancam anak-anak adalah pola hidup yang konsumtif karena membanjirnya iklan produk-produk yang menggiurkan mereka. Hal-hal yang sebenarnya tidak mereka butuhkan justru membuat mereka khawatir dan gelisah karena tidak bisa memiliki barang seperti yang dimiliki oleh teman-teman mereka. Oleh karena itu, kita perlu membawa anak-anak kembali kepada Alkitab bahwa Allah memelihara mereka dengan memenuhi kebutuhan hidup mereka. Bila untuk hal-hal yang menjadi kebutuhan hidup saja anak-anak tidak boleh khawatir, apalagi untuk hal-hal yang bukan kebutuhan hidup untuk memuaskan nafsu materialisme mereka. Kiranya hal ini juga menjadi pelajaran dan peringatan penting bagi para guru sendiri.

Untuk penggalian Alkitab khusus perikop ini, Anda bisa menyimak dalam situs Alkitab SABDA di URL: http://alkitab.sabda.org/verse_commentary.php?book=40&chapter=6&verse=25

Persiapan Aktivitas:

  1. Bagilah anak-anak ke dalam beberapa kelompok, dan dalam setiap kelompok pastikan ada anak-anak yang membawa gadget/gawai yang bisa dipakai untuk memotret (jika perlu, umumkan seminggu sebelumnya untuk anak-anak membawanya).
  2. Siapkan beberapa gambar di slides show (jika ada fasilitas LCD proyektor) atau potongan gambar dari kalender/majalah/dsb.:
    • Gambar makanan pokok (nasi, lauk, sayur) dan gambar makanan cepat saji (burger, es krim, pizza, dsb.).
    • Gambar minuman (air putih, susu, teh) dan gambar minuman bersoda.
    • Gambar pakaian-pakaian biasa yang sederhana dan gambar pakaian-pakaian mewah.
    • Gambar permainan tradisional dan gambar permainan elektronik yang canggih.
      (Anda bisa tambahkan gambar lebih banyak lagi yang dapat menunjukkan perbandingan antara barang-barang yang kita butuhkan dengan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan anak-anak dalam hidup sehari-hari.)

Garis Besar Kegiatan Bercerita Interaktif:

  1. Mintalah anak-anak membaca bersama-sama dari Matius 6:25-34 melalui Alkitab cetak atau gawai mereka.
  2. Setelah itu, guru bisa memutarkan Alkitab Audio dari Matius 6:25-34 yang sudah disiapkan filenya dalam HP guru. Jika belum punya, Anda bisa mendapatkan filenya di: media.sabda.org/alkitab_audio/tb/pb/mp3/mobile/01_matius/01_mat06.mp3
  3. Tanyakan kepada anak-anak pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, dan jelaskan dengan rinci setiap kali anak-anak selesai menjawab pertanyaan Anda.
    • Larangan apa yang Tuhan Yesus perintahkan kepada murid-murid-Nya?
    • Apa yang Tuhan Yesus minta untuk diperhatikan oleh murid-murid-Nya? Mengapa?
    • Menurutmu, mengapa Tuhan Yesus memberikan perintah tersebut kepada murid-murid-Nya?
    • Apakah kamu sanggup melakukannya dalam hidupmu?

      Catatan: Anda bisa menambahkan pertanyaan yang lain lagi untuk menggali lebih dalam ayat-ayat ini (sesuaikan dengan usia anak).
  4. Setelah memberikan penjelasan tentang perikop Matius 6:25-34, ajaklah anak-anak untuk keluar dari ruang kelas. Dengan gawai mereka, mintalah mereka untuk memotret bunga-bunga atau binatang apa pun yang dapat mereka ambil gambarnya. Setelah itu, mintalah mereka untuk mengamati hasil foto mereka.
  5. Mintalah setiap kelompok untuk menuliskan hasil pengamatan mereka terhadap tumbuhan/binatang yang mereka ambil gambarnya. Dan, mereka bisa menuliskan ucapan syukur mereka atas pelajaran tentang Allah, dihubungkan dengan firman Tuhan hari itu setelah mengamati gambar yang mereka ambil.
  6. Jika ada akses internet, salah satu anak diperbolehkan mengunggah (upload) hasil foto mereka di Facebook pribadi dan menuliskan berkat firman Tuhan sehubungan dengan foto yang mereka ambil tersebut sebagai keterangan pada foto.

Penutup:

  1. Tutuplah dengan memberikan aplikasi kepada anak, seperti:
    1. Ketika mereka khawatir tentang sesuatu hal dalam hidup, mereka harus segera berdoa dan mengungkapkan perasaan mereka kepada Tuhan.
    2. Ketika melihat iklan di televisi/barang miliki teman dan mereka juga ingin memilikinya, mereka harus mempertimbangkan apakah barang tersebut merupakan kebutuhan atau hanya keinginan. [Untuk lebih mempertajam aplikasi ini, tampilkan gambar-gambar yang sudah Anda siapkan dalam persiapan aktivitas yang kedua di atas. Minta mereka untuk menentukan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan.]
    3. Setiap hari, mengucap syukurlah kepada Tuhan atas berkat makanan, minuman, pakaian, dan pendidikan yang boleh mereka terima.
  2. Ajak anak-anak untuk menghafalkan: Matius 6:33.
  3. Tutuplah dengan doa.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK