Bagaimana Gereja dapat Membantu Anak-Anak Pecandu


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Status Sumber: situs

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sesaat, pada malam musim panas yang sejuk itu, saya bisa saja menjalaninya sebagai anak normal. Di sebuah ruangan yang penuh dengan tawa kecil anak-anak sekolah menengah dan kantong tidur, kami benar-benar berada dalam situasi pesta tidur. Sampai pintu dibanting. Jangan malam ini, pikir saya. Jangan ketika teman-teman saya ada di sini.

Kemudian omelan dimulai. Dan, seperti biasa, omelan berubah menjadi teriakan, dan teriakan berubah menjadi pukulan, dan ketakutan menyelimuti tubuh saya.

Saya dibesarkan di rumah yang penuh dengan narkoba dan penuh penganiayaan. Saya sekarang berusia 30-an, dan sulit untuk mengingat detail perkelahian tertentu ini -- satu dari terlalu banyak. Namun, saya ingat dengan jelas udara sejuk menyentuh air mata hangat di pipi saya ketika teman-teman saya dan saya melarikan diri dari rumah saya. Saya menangis karena masa kecil saya, karena takut kehilangan ibu saya, karena kehilangan kepolosan yang saya lihat di mata teman-teman saya.

Tetangga kami membawa kami malam itu. Itu bukan pertama kalinya mereka membuka rumah mereka, dan itu tidak akan menjadi yang terakhir. Saya tidak ingat nama mereka -- trauma memiliki cara untuk membuat pikiran jadi kusut. Hanya satu hal yang menonjol: mereka selalu berbicara tentang Yesus.

Semua Orang Tahu Seseorang

membantu anak pecandu

Ada epidemi keluarga yang terkena dampak penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Administrasi Layanan Penyalahgunaan Zat dan Kesehatan Mental (SAMHSA) mencatat bahwa pada tahun 2017, hampir 38 persen orang dewasa berjuang melawan gangguan penggunaan narkoba. Menurut laporan SAMHSA lainnya, sekitar 1 dari 10 anak tinggal di rumah tangga dengan setidaknya satu orang tua memiliki gangguan alkohol dan 1 dari 35 anak dengan orang tua memiliki gangguan narkoba. SAMHSA yakin angka-angka ini terus meningkat.

Kemungkinan Anda memiliki teman, anggota keluarga, atau tetangga yang berjuang melawan kecanduan. Sebagai orang Kristen, kita dapat meneladani kepedulian Allah terhadap orang-orang yang rapuh dengan membantu merawat anak-anak pecandu. Meskipun setiap keluarga yang terjerat oleh narkoba akan memiliki masalah yang unik, orang percaya dapat memercayai Allah untuk memberikan kebijaksanaan dan kasih karunia yang kita butuhkan untuk setiap situasi. Saya bertanya-tanya bagaimana saya dapat membantu anak-anak yang menderita seperti saya. Mendatangkan kesadaran adalah tempat yang baik untuk memulai.

Menyediakan Perlindungan

Semakin banyak anak-anak yang dipindahkan dari rumah mereka karena penyalahgunaan narkoba atau alkohol oleh orang tua. Anak-anak ini membutuhkan stabilitas. Salah satu cara penting orang Kristen dapat membantu adalah dengan memberikan perlindungan kepada anak-anak ini melalui adopsi atau perwalian.

Akan tetapi, memberikan perlindungan tidak terpisah dari perwalian dan adopsi. Setiap hari, anak-anak dari orang tua yang pecandu diliputi oleh kebingungan dan kecemasan. Orang Kristen dapat menciptakan lingkungan yang aman di mana mereka boleh konyol, bersenang-senang, dan menjadi anak-anak. Jika Anda memiliki hubungan keluarga dengan seseorang yang menderita kecanduan, pertimbangkan untuk menyediakan rumah yang aman bagi anak-anak sampai orang tua dapat merawat mereka dengan baik. Jika Anda adalah seorang teman atau tetangga, carilah kesempatan untuk mengundang anak-anak ini ke rumah Anda seperti yang dilakukan tetangga saya. Hanya beberapa jam di lingkungan yang aman dapat memiliki efek yang signifikan.

Memenuhi Kebutuhan Praktis

Seiring dengan kecanduan biasanya datang kemiskinan. Pecandu akan menggunakan sebagian besar pendapatan mereka untuk lebih banyak narkoba.

Anak-anak yang mengalami pengabaian pada tingkat apa pun tidak mungkin mengungkapkan kebutuhan mereka kepada orang dewasa. Mari ikuti jejak Juru Selamat kita dengan membuka mata dan hati kita terhadap kebutuhan anak-anak ini. Tergantung pada apa yang Anda amati, Anda mungkin memberikan paket kepedulian berupa perlengkapan mandi, mengundang mereka untuk makan masakan rumahan, atau menanyakan ukuran pakaian mereka dan mengambil beberapa barang untuk perjalanan belanja Anda berikutnya. Melalui kita, Allah dapat menunjukkan kepada mereka bahwa Dia adalah Penyedia dari semua yang mereka butuhkan.

Peduli pada Mereka

Melihat kerumunan selama drama sekolah menengah saya, kekecewaan terasa berat di hati saya. Di antara wajah-wajah itu ada orang tua teman saya, tetapi bukan orang tua saya. Saya naik kendaraan pulang malam itu dan berjalan ke sebuah rumah kosong merasakan kesepian yang begitu dalam sehingga saya menangis.

Sebagian besar dari anak-anak ini tidak memiliki orang dewasa yang dapat diandalkan pada saat-saat yang paling penting. Kita tidak akan pernah bisa menggantikan orang tua mereka, tetapi bagaimana jika kita berjuang untuk menunjukkan kepada mereka bahwa mereka tidak sendirian di dunia ini? Bagaimana jika kita memperkenalkan mereka kepada Bapa surgawi kita yang dengan setia mengasihi anak-anak-Nya? Kita bisa melakukan ini dengan datang ke pertandingan bola dan pertunjukan mereka, memberi mereka tumpangan, mengajak mereka makan es krim, mengundang mereka makan malam, dan mengajak mereka bersama kita ke gereja (dengan izin orang tua).

Menjadi Pembela

Anak-anak dari orang tua yang kecanduan membutuhkan seseorang untuk memperjuangkan mereka. Mereka membutuhkan pembela. Terkadang, ini berarti kita harus melibatkan pihak berwenang.

Dalam kasus penelantaran atau penganiayaan anak, keselamatan anak harus diutamakan. Terasa memilukan ketika anak-anak diambil dari orang tua mereka, tetapi ada kalanya itu benar-benar diperlukan.

Salah satu cara untuk membuat perbedaan besar dalam kehidupan seorang anak adalah menjadi Pembela Khusus yang Ditunjuk oleh Pengadilan. Para sukarelawan terlatih ini bekerja bersama para profesional hukum dan kesejahteraan anak untuk memberikan informasi kepada hakim mengenai situasi setiap anak, membantu mereka membuat keputusan demi kepentingan terbaik setiap anak.

Cara lain untuk membantu adalah dengan menyumbang atau melayani di organisasi seperti National Association of Children of Addiction.

Di antara hal-hal lain apa pun yang bisa kita lakukan, kita selalu bisa berdoa.
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. WhatsApp
  4. Telegram

Berjuang untuk anak-anak ini sering kali melibatkan berjuang untuk orang tua mereka. Ini adalah pekerjaan yang melelahkan, tetapi juga pekerjaan Injil. Mendampingi mereka yang terjebak oleh kecanduan dan mendorong mereka untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan untuk menemukan kebebasan adalah salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk membela anak-anak mereka. Organisasi seperti American Addiction Centers ada untuk membantu pemulihan.

Terakhir, kita bisa berdoa. Saat kita berdoa, kita membela anak-anak ini dengan Bapa. Berdoalah untuk orang tua mereka, keamanan mereka, hati mereka, keselamatan mereka. Di antara hal-hal lain apa pun yang bisa kita lakukan, kita selalu bisa berdoa.

Harapan Injil

Anak-anak yang menghadapi kekerasan dan penganiayaan dalam rumah tangga membutuhkan penyelamatan secara fisik, dan mereka perlu mendengar bagaimana mereka dapat diselamatkan secara rohani. Tidak peduli bagaimana kita memutuskan untuk membantu, kita hendaknya mengambil setiap kesempatan untuk memberi tahu anak-anak dari orang tua yang kecanduan tentang keselamatan melalui Yesus Kristus.

Allah menyelamatkan saya terlepas dari masa kecil saya yang hancur, dan Dia dapat melakukan hal yang sama untuk orang lain seperti saya. Dia mungkin ingin melakukannya melalui Anda. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : The Gospel Coalition
Alamat situs : https://www.thegospelcoalition.org/article/help-children-addicts/
Judul asli artikel : How the Church Can Help Children of Addicts
Penulis artikel : Brittany Allen

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK