Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
 
| suku 5
dari 61 suku
SUKU BAKUMPAI
Kalimantan Selatan

Letak : Kalimantan Selatan
Populasi : 40.000 jiwa
Bahasa : Bakumpai
Anggota Gereja : 200 (0,475%)
Alkitab dalam bahasa Bakumpai : Tidak Ada
Film Yesus dalam bahasa Bakumpai : Tidak Ada
Siaran radio pelayanan dalam bahasa Bakumpai : Tidak Ada

Suku Bakumpai, yang merupakan salah satu subsuku bangsa Dayak Ngaju, berdiam di Kabupaten Barito Kuala, yaitu di sekitar sungai Kapuas dan Barito di wilayah timur laut Kualakapuas, di daerah Marabahan, Kalimantan Selatan. Pada masa lalu, daerah ini merupakan wilayah Kerajaan Negara Dipa dan Negara Daha. Suku Bakumpai masih memiliki hubungan dengan suku Ngaju, Kahayan dan Katingan. Bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Bakumpai, yang mirip dengan bahasa Dayak Ngaju.

SOSIAL BUDAYA

Daerah tempat tinggal mereka dilintasi oleh banyak sungai. Karena itu orang Bakumpai mengembangkan teknologi transportasi air. Sawah pertanian yang mereka kerjakan adalah sawah pasang surut. Pekerjaan lainnya adalah berladang, menangkap ikan di sungai, berdagang, dan membuat kerajinan alat-alat rumah tangga. Namun generasi mudanya enggan untuk bertani dan selalu menginginkan menjadi pegawai negeri saja.

Walau orang Bakumpai termasuk dalam rumpun yang sama dengan orang Dayak Ngaju, kehidupan sosial dan kebudayaan mereka lebih dipengaruhi oleh kebudayaan orang Banjar. Sistem kekerabatan orang Bakumpai juga sama dengan sistem kekerabatan orang Banjar, yaitu bilateral. Di samping suami, istri juga memegang peranan penting dalam keluarga inti. Adat menetap sesudah menikah, membebaskan pasangan suami istri untuk memilih, apakah mereka akan tinggal di tempat kediaman kerabat suami, di rumah kerabat istri, atau memisah di rumah yang sama sekali baru. Sistem pewarisan cenderung dilaksanakan menurut aturan agama Islam.

Pengaruh kebudayaan Banjar juga terdapat dalam kesenian yang berkembang pada masyarakat Bakumpai. Bentuk-bentuk kesenian orang Bakumpai antara lain tari-tarian, teater dan sastra lisan, yang sebagian besar bernafaskan Islam.

AGAMA/KEPERCAYAAN

Umumnya, orang Bakumpai penganut Islam. Pengaruh Islam ini terlihat hampir di setiap aspek kehidupan mereka, seperti : sistem kemasyarakatan, kekerabatan, bahkan dalam unsur kesenian mereka. Daerah Marabahan, pusat kediaman suku Bakumpai, telah menghasilkan ulama-ulama besar yang menyebarkan agama Islam sampai ke hulu Sungai Barito.

KEBUTUHAN

Saat ini orang Bakumpai membutuhkan peningkatan teknologi pertanian yang tepat untuk keadaan tanahnya yang berawa-rawa. Selama ini sistem pengairan sawahnya mengandalkan pasangnya air laut atau air dari Cabang Sungai Barito; sistem irigasi teknis dan setengah teknis belum tergarap. Selain itu suku Bakumpai juga membutuhkan lebih banyak lagi puskesmas dan klinik serta tenaga medis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Untuk meningkatkan pendapatan, pengembangan armada angkutan sungai dan kerajinan tangan juga diperlukan.

POKOK DOA

Kemudian daripada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba !" (\\/TB #Wahyu 7:9-10*\\)

  1. Berdoa agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus, berkat dan kasihNya di tengah-tengah suku Bakumpai, agar terang dan kemuliaan Tuhan bercahaya di atasnya. Berdoa agar hati mereka disentuh oleh kasih Tuhan melalui berbagai cara dan mereka yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
  2. Berdoa agar Tuhan yang empunya tuaian membangkitkan gerejaNya untuk bersatu dan bekerjasama, menyediakan pekerja : pendoa syafaat, penerjemah Alkitab, kaum profesional, penabur dan penuai untuk memberkati dan meningkatkan kesejahteraan hidup suku Bakumpai.
  3. Berdoa bagi adanya lembaga & gereja yang digerakkan oleh Tuhan untuk mengadopsi suku Bakumpai yang jauh berbeban dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Jika saudara ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi : PJRN Kotak Pos 6739/JKUKP - Jakarta 14607

Untuk kalangan sendiri
|



 Ke atas 
© 2003 YLSA