Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
 
| suku 49
dari 61 suku
SUKU MUKO-MUKO
Sumatera Selatan

Letak : Sumatera Selatan
Populasi : 30.000 jiwa
Bahasa : Muko-Muko
Agama Mayoritas : Islam
Anggota Gereja : 0
Alkitab dalam bahasa Muko Muko : Tidak Ada
Film Yesus dalam bahasa Muko-Muko : Tidak Ada
Program penginjilan dalam bahasa Muko Muko : Tidak Ada

Suku Muko Muko berdiam di Kecamatan Muko Muko Utara dan Muko Muko Selatan, Kabupaten Bengkulu Utara, Sumatera Selatan. Nama kampungnya adalah kampung Rejang. Saat ini Muko Muko telah bebas dari isolasi karena pemerintah membangun jalan raya dari kota Bengkulu ke Muko Muko Rejang. Bahasa yang dipakai adalah bahasa Muko Muko yang termasuk rumpun bahasa Melayu yang memiliki ciri-ciri tersendiri.

SOSIAL BUDAYA

Mata pencaharian utamanya adalah bertani, menangkap ikan, berburu babi hutan bertukang, berdagang, menganyam rotan dan pandan. Kaum wanita umumnya membuat batik yang disebut Besurek dan songket Bengkulu. Kerajinan khas suku Muko Muko adalah kerajinan batu ajik. Di samping itu rakyat juga mengusahakan perkebunan rakyat dengan hasil utama : karet, cengkeh dan kelapa sawit.

Sistem kekerabatannya bersifat bilateral, garis keturunan ditarik melalui pihak laki-laki atau perempuan. Upacara pernikahan biasanya dilakukan selama tujuh hari tujuh malam sebelum kedua mempelai bersanding di pelaminan.

Budaya yang sangat terkenal dari suku Muko Muko adalah Tari Gandai, yang merupakan bentuk kesenian dengan ciri budaya Melayu dan dipengaruhi kesenian Minangkabau. Pada saat tertentu, misalnya, menghadiri upacara adat tertentu, mereka memakai busana adat, yaitu jenis teluk belanga/jas tutup warna hitam lengkap dengan destar kain besurek (untuk pria) dan jenis baju/kebaya "Betabur" dengan pasangan kain songket berbenang emas (untuk wanita). Dalam komunikasi sehari-hari, suku Muko-Muko memakai bahasa Rejang yang merupakan bahasa campuran antara bahasa Minangkabau dan bahasa Rejang.

AGAMA/KEPERCAYAAN

Suku Muko Muko menganut agama Islam yang masih bercampur dengan kepercayaan asli mereka (animisme). Mereka takut kepada roh ibu yang meninggal karena melahirkan, dan mereka juga mengkeramatkan pohon besar serta kuburan nenek moyang.

KEBUTUHAN

Saat ini suku Muko Muko membutuhkan peningkatan hasil pertanian dan khususnya perkebunan rakyat agar dikelola dengan lebih maksimal sehingga menaikkan kesejahteraan mereka. Di bidang pendidikan mereka membutuhkan tenaga pengajar bahasa Indonesia karena hanya 7% dari orang Muko Muko yang bisa berbicara dan mengerti bahasa Indonesia, bahkan komunikasi di TK maupun SD masih menggunakan bahasa Muko Muko.

POKOK DOA
Kemudian daripada itu aku melihat : sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhintung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru : "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba !" (\\/TB #Wahyu 7:9-10*\\)
  1. Berdoa agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus, berkat dan kasihNya di tengah-tengah suku Muko Muko, agar terang dan kemuliaan Tuhan bercahaya di atasnya. Berdoa agar hati mereka disentuh oleh kasih Tuhan melalui berbagai cara dan mereka yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
  2. Berdoa agar Tuhan yang empunya tuaian membangkitkan gerejaNya untuk bersatu dan bekerjasama, menyediakan pekerja : pendoa syafaat, penerjemah Alkitab, kaum profesional, penabur dan penuai untuk memberkati dan meningkatkan kesejahteraan hidup suku Muko Muko
  3. Berdoa bagi adanya lembaga & gereja yang digerakkan oleh Tuhan untuk mengadopsi suku Muko Muko yang juga berbeban dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Jika saudara ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi :
PJRN
Kotak Pos 6739/JKUKP - Jakarta 14607
Telp/Fax. (021) 45843235-42

Untuk kalangan sendiri
|



 Ke atas 
© 2003 YLSA