Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
 
| suku 44
dari 61 suku
SUKU MELAYU BANGKA
Sumatera Selatan

Letak :Sumatera Selatan
Populasi :200.000 jiwa
Bahasa :Melayu Bangka
Anggota Gereja :10 (0,005%)
Alkitab dalam bahasa Bangka :Ada
Film Yesus dalam bahasa Bangka :Tidak Ada
Siaran radio pelayanan dalam bahasa Bangka :Tidak Ada

Suku Melayu Bangka tinggal di Pulau Bangka, sebuah pulau di Laut Cina Selatan di sebelah timur Sumatera. Pulau ini termasuk wilayah Propinsi Sumatera Selatan. Diperkirakan 60% dari penduduk Pulau Bangka adalah orang Melayu, sedang 25% merupakan orang keturunan Cina. Pulau Bangka sering disinggahi karena memiliki pantai yang indah dan mudah untuk dicapai dari Palembang, hanya 1/2 jam perjalanan pesawat udara.

SOSIAL BUDAYA

Pulau Bangka dikenal karena menghasilkan tambang timah putih terbesar dan sudah dikembangkan abad 18 dan 19. Sebelumnya, pulau ini menghasilkan hasil laut, hutan dan besi. Selain itu pulau ini juga terkenal dengan perkebunan ladanya, yang mengalami puncak kejayaan pada tahun 1987. Namun, memasuki tahun 1990-an harga lada menurun drastis dan disusul dengan harga timah, sehingga hal itu menimbulkan dampak serius bagi masyarakat di pulau ini. Akibatnya, banyak di antara mereka yang mengalami goncangan jiwa.

Kesenian daerah pulau ini disebut Sepintu Segudang, mengisahkan tentang sifat kegotongroyongan masyarakat. Kesenian daerah ini sudah sering dipentaskan.

AGAMA/KEPERCAYAAN

Penduduk pulau Bangka mayoritas beragama Islam, khususnya orang Melayu. Sedangkan penduduk keturunan Cina kebanyakan menganut kepercayaan Cina, baik Budha maupun Konfucius, bahkan Kabar Baik telah tersebar di kalangan orang-orang ini.

KEBUTUHAN

Saat ini, masyarakat pulau Bangka menantikan campur tangan pemerintah maupun swasta untuk membenahi perekonomian yang goncang akibat turunnya harga lada dan timah. Mental masyarakat juga perlu dipulihkan dan dipersiapkan untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa yang akan datang, sehingga tidak hanya terpaku pada kejayaan masa lalu saja. Diperlukan pembukaan wawasan mereka agar bisa melihat peluang-peluang dan alternatif usaha lain yang bisa memberikan hasil yang baik. Peran penguasaha kecil dan koperasi mutlak ditingkatkan.

POKOK DOA
Firman Tuhan : Kemudian daripada itu aku melihat : sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhintung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru : "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba !" (\\/TB #Wahyu 7:9-10*\\)
  1. Berdoa agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus, berkat dan kasihNya di tengah-tengah suku Bangka, agar terang dan kemuliaan Tuhan bercahaya di atasnya. Berdoa agar hati mereka disentuh oleh kasih Tuhan melalui berbagai cara dan mereka yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
  2. Berdoa agar Tuhan yang empunya tuaian membangkitkan gerejaNya untuk bersatu dan bekerjasama, menyediakan pekerja : pendoa syafaat, penerjemah Alkitab, kaum profesional, penabur dan penuai untuk memberkati dan meningkatkan kesejahteraan hidup suku Bangka
  3. Berdoa bagi adanya lembaga & gereja yang digerakkan oleh Tuhan untuk mengadopsi suku Bangka yang juga berbeban dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Jika saudara ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi :
PJRN
Kotak Pos 6739/JKUKP - Jakarta 14607
Telp/Fax. (021) 45843235-42

Untuk kalangan sendiri
|



 Ke atas 
© 2003 YLSA