Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
 
| suku 35
dari 61 suku
SUKU KONJO PESISIR
Sulawesi Selatan

Letak : Sulawesi Selatan
Populasi : 125.000 jiwa
Bahasa : Makasar : Konjo Pesisir
Anggota Gereja : 5 (0,004%)
Alkitab dalam bahasa Konjo Pesisir : Sedang dibuat
Film Yesus dalam bahasa Konjo Pesisir : Tidak Ada
Siaran radio pelayanan dalam bahasa Konjo Pesisir (Juli 98): Tidak Ada

Suku Konjo Pesisir mendiami empat kecamatan di sebelah tenggara dari wilayah Bulukumba -- Kajang, Herlang, Bonto Tiro dan Bonto Bahari. Yang juga termasuk suku ini adalah suku Konjo Hitam, yang menempati daerah sebelah barat dari Kajang. Suku Konjo Hitam ini memilih mempertahankan cara hidup lama, seperti misalnya : memakai pakaian hitam, tidak mengijinkan penggunaan peralatan modern (mis : kursi, lampu, kendaraan, sekolah) dan mempraktekkan ilmu sihir sebagai bagian dari ibadah animistik mereka.

SOSIAL BUDAYA

Mata pencaharian suku Konjo Pesisir sama dengan Konjo Pegunungan, yaitu bercocok tanam dengan sistem bagi hasil.

Sama seperti suku Konjo Pegunungan, suku Konjo Pesisir juga memiliki ciri-ciri budaya sebagai berikut : 1) solidaritas -- di dalam suatu daerah, klen atau kasta sosial tertentu terdapat ikatan yang menuntut semua anggota untuk memenuhi praktek-praktek yang telah berlaku, untuk saling membantu dalam pekerjaan dan keuangan, dan menghadiri acara-acara perkawinan, menjenguk yang sakit dan melayat bila ada yang meninggal. Sekalipun di antara anggota-anggota suku ini ada pertentangan dan percekcokan, bila ada ancaman dari pihak luar mereka akan bersatu supaya orang luar tidak bisa menembus pertahanan mereka, 2) kesukaan kumpul-kumpul dan mengobrol -- bila kita berjumpa seseorang dan tidak menyapa atau tidak banyak berbicara orang itu akan sakit hati. Bahkan transaksi bisnis pun dilakukan dalam banyaknya percakapan atau obrolan. 3) kecenderungan memberikan jawaban yang menghindar, tidak langsung, bahkan bila perlu berbohong demi kebaikan (white lies). 4) siri atau kehormatan diri -- budaya mempertahankan kehormatan diri, mempertahankan status sosial.

AGAMA/KEPERCAYAAN

Orang Konjo Pesisir 100% beragama Islam, termasuk orang Konjo Hitam yang masih kuat mempertahankan praktek animisme. pemimpin agama Islam hanya mempunyai pengaruh sedikit dan dipilih oleh rakyat untuk memimpin upacara-upacara keagamaan dan tugas-tugas di mesjid. Pada suku Konjo Hitam shaman (dukun) dipanggil untuk upacara-upacara dan menolong orang sakit. Amma Toa (ayah tua) dari orang Konjo Hitam dianggap sebagai pemimpin keagamaan di daerah itu dan ditakuti oleh karena kekuatan sihirnya.

KEBUTUHAN

Orang Konjo Pesisir perlu sedikit demi sedikit dipersiapkan untuk menghadapi perubahan-perubahan dalam dunia modern, sehingga bisa beradaptasi dengan kemajuan dunia tanpa meninggalkan identitas suku mereka. Mereka membutuhkan seseorang pembina/pemimpin yang mengerti ketaatan mereka dalam mempertahankan adat sekaligus bisa memperkenalkan hal-hal baru yang bermanfaat dan secara halus mendorong mereka untuk mengikutinya, karena seringkali ketaatan mereka memenuhi tuntutan adat banyak merugikan mereka sendiri (penyelenggaraan upacara adat yang menghabiskan banyak biaya, penolakan atas sekolah, dll.)

POKOK DOA
Kemudian daripada itu aku melihat : sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhintung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru : "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba !" (\\/TB #Wahyu 7:9-10*\\)
  1. Berdoa agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus, berkat dan kasihNya di tengah-tengah suku Konjo Pesisir, agar terang dan kemuliaan Tuhan bercahaya di atasnya. Berdoa agar hati mereka disentuh oleh kasih Tuhan melalui berbagai cara dan mereka yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
  2. Berdoa agar Tuhan yang empunya tuaian membangkitkan gerejaNya untuk bersatu dan bekerjasama, menyediakan pekerja : pendoa syafaat, penerjemah Alkitab, kaum profesional, penabur dan penuai untuk memberkati dan meningkatkan kesejahteraan hidup suku Konjo Pesisir
  3. Berdoa bagi adanya lembaga & gereja yang digerakkan oleh Tuhan untuk mengadopsi suku Konjo Pesisir yang juga berbeban dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Jika saudara ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi :
PJRN
Kotak Pos 6739/JKUKP - Jakarta 14607
Telp/Fax. (021) 45843235-42

Untuk kalangan sendiri
|



 Ke atas 
© 2003 YLSA