Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
 
| suku 2
dari 61 suku
SUKU ACEH
D.I. ACEH

Letak : D.I. Aceh
Populasi : 3.000.000 jiwa
Bahasa : Aceh
Anggota Gereja : 110 (0,0036%)
Alkitab dalam bahasa Aceh : PL & PB
Film Yesus dalam bahasa Aceh : Ada
Siaran radio pelayanan dalam bahasa Aceh (Juni 1998): Ada

Suku Aceh tinggal di propinsi Aceh, di ujung P. Sumatra. Menurut sejarah, Banda Aceh, ibu kota Aceh, waktu lampau merupakan tempat persinggahan bagi orang-orang Islam yang akan pergi dengan kapal laut ke Mekah. Itu sebabnya kota itu terkenal dengan nama "Serambi Mekah."

SOSIAL BUDAYA

Sebagian besar suku Aceh adalah petani. Orang Aceh kebanyakan tinggal di rumah yang terdiri dari satu kamar tidur dan satu ruang keluarga yang besar. Ruang keluarga bisa dipakai sebagai dapur dengan tungku persegi yang terbuat dari tanah liat dan abu. Rumah-rumah ini terletak di atas tiang-tiang setinggi kurang lebih 1,8 m. Ruamg di bawah rumah sebagian besar digunakan untuk kandang ternak atau kandang ayam, atau tempat penyimpanan kayu api dan peralatan. Dinding dan lantai rumah terbuat dari kayu atau bambu. Atap rumah adalah atap genteng dari tanah liat atau jerami dari daun palem.

Pakaian tradisional suku Aceh adalah Sarung, dipakai oleh pria maupun wanita, berupa rok warna warni. Senjata khas tradisional suku Aceh adalah rencong yang disisipkan di bagian perut pada lipatan sarung sebagai salah satu kelengkapan pakaian adat.

Pekerjaan rumah tangga suku Aceh dilakukan oleh wanita. Pria tidak terlibat di dalamnya bahkan juga dalam membesarkan anak. Hanya pria yang boleh mewarisi kekayaan seperti uang atau bisnis, sedang rumah dan tanah selalu diwariskan kepada wanita. Suku Aceh memiliki bahasa derahnya sendiri, tetapi mereka juga berbahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Hampir setengah jumlah orang dewasa dapat membaca bahasa Indonesia. Banyak juga yang berbicara dalam bahasa ketiga yaitu dialek-dialek minoritas bahasa suku Aceh.

AGAMA/KEPERCAYAAN

Mayoritas orang Aceh adalah pemeluk Islam Sunni yang fanatik, sampai-sampai ada pernyataan bahwa menjadi orang Aceh adalah menjadi Islam. Suku Aceh merupakan satu-satunya suku di Indonesia dimana hukum Islam diberlakukan dengan ketat dan sangat ditekankan kepada pemeluknya. Suku Aceh ini sangat menolak kepercayaan/agama lain. Orang Aceh yang terang-terangan mengakui imannya di luar Islam akan sangat ditentang bahkan tidak mustahil mendapat perlawanan fisik. Begitu kuatnya pengaruh Islam, sehingga isi pelajaran dan sistem penddikan, muatan agama Islamnya jauh lebih banyak dalam sekolah-sekolah di daerah lainnya di Indonesia.

KEBUTUHAN

Daerah Istimewa Aceh memiliki sumber daya alam yang potensial, baik di bidang pertanian, perindustrian, pertambangan maupun pariwasata. Namun, potensi itu belum banyak dikembangkan karena kurangnya sarana komunikasi dan keadaan geografisnya. Misalnya kemiringan tanah dikawasan lereng hutan mencapai di atas 40 derajat menyebabkan sulitnya memperluas lahan pertanian. Di samping itu, menurut Departemen Tenaga Kerja pada tahun 1989 di Aceh tercatat sekitar 47.080 pencari kerja. Hal ini menunjukkan KEBUTUHAN akan lapangan pekerjaan, terutama dengan mencetak pemuda-pemudi yang berjiwa wiraswasta untuk mengembangkan lapangan kerja baru dengan segala potensi alam dan potensi sosial masyarakat Aceh.

POKOK DOA
Kemudian daripada itu aku melihat : sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhintung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru : "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba !" (\\/TB #Wahyu 7:9-10*\\)
  1. Berdoa agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus, berkat dan kasihNya di tengah-tengah suku Aceh, agar terang dan kemuliaan Tuhan bercahaya di atasnya. Berdoa agar hati mereka disentuh oleh kasih Tuhan melalui berbagai cara dan mereka yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
  2. Berdoa agar Tuhan yang empunya tuaian membangkitkan gerejaNya untuk bersatu dan bekerjasama, menyediakan pekerja : pendoa syafaat, penerjemah Alkitab, kaum profesional, penabur dan penuai untuk memberkati dan meningkatkan kesejahteraan hidup suku Aceh
  3. Berdoa bagi adanya lembaga & gereja yang digerakkan oleh Tuhan untuk mengadopsi suku Aceh yang juga berbeban dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Jika saudara ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi :
PJRN
Kotak Pos 6739/JKUKP - Jakarta 14607
Telp/Fax. (021) 45843235-42

Untuk kalangan sendiri
|



 Ke atas 
© 2003 YLSA