Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Berkenalan Dengan Komunitas I-KAN

Tanggal: 2001-06-25
Kategori: Email

"I-KAN" adalah singkatan dari Internet -- Komputer Alkitab Network, sebuah sistem jaringan Mailing List (Milis) yang dibangun oleh YLSA (Yayasan Lembaga SABDA). Misi I-KAN adalah menjadi infrastruktur, katalisator, dan pendukung bagi pelayanan elektronik Kristen Indonesia melalui media internet/milis. Karena itu dalam I-KAN dapat ditemui sebuah komunitas besar dari Milis-milis Kristen yang secara struktural tersusun atas 3 bagian yaitu:

  1. Publikasi Elektronik Berkala [Milis khusus untuk publikasi elektronik satu arah yang berupa artikel, newsletter, buletin, renungan, dan lain-lain yang sejenis.]
  2. Forum Diskusi yang bersifat UMUM [Forum Diskusi yang dibuka untuk masyarakat Kristen Indonesia secara umum (interdenominasi) dan membicarakan tentang tema-tema umum, namun relevan dengan kehidupan dan Pelayanan Kristen.]
  3. Forum Diskusi yang bersifat KHUSUS/UNTUK [Forum Diskusi yang diadakan oleh gereja/kelompok/organisasi Kristen tertentu dan menggunakan sistem I-KAN.]

Kegiatan pelayanan elektronik melalui I-KAN ini dimulai pada pertengahan tahun 1997 dengan kelompok pertama yang bergabung adalah dari komunitas jemaat GKI yaitu dengan milisnya yang diberi nama: "CyberGKI", dengan jumlah anggota yang cukup besar dan masih ramai hingga sekarang.

Untuk informasi lengkap tentang Komunitas I-KAN, sejarah Komunitas I-KAN, dan seluk-beluk Komunitas I-KAN, anda dapat berkunjung ke Situs Web-nya di alamat: ==> http://www.sabda.org/i-kan/ [baca kolom REVIEW SITUS].

Salah satu informasi dalam Situs ini adalah tawaran bagi gereja/ persekutuan/yayasan/organisasi Kristen yang ingin membuka milis sendiri di bawah Komunitas I-KAN. Beberapa persyaratan yang diperlukan untuk membuka milis baru adalah sbb.:

  1. Memiliki tujuan yang jelas dan baik, yang tidak bertentangan dengan visi dan misi pelayanan YLSA (Yayasan Lembaga SABDA).
  2. Pembahasan tema/topik adalah sesuai dengan perspektif iman Kristen yang Alkitabiah (tidak melawan kebenaran Alkitab).
  3. Memiliki keanggotaan minimum 25-35 orang.
  4. Memiliki minimum 2 orang moderator; 1 orang moderator utama yang merangkap sebagai owner/penanggung jawab dan 1 orang Co-moderator sebagai moderator pendamping dan pengganti apabila moderator utama berhalangan. Moderator utama bertanggung jawab untuk mengikuti jalannya Milis ini secara aktif.
  5. Moderator dan Co-Moderator dari milis yang dibuka ini secara otomatis akan menjadi anggota dari Milis Diskusi I-KAN, yaitu Milis khusus untuk para admin dan moderator yang tergabung di bawah naungan sistem I-KAN.
  6. Mengisi Formulir Proposal yang tersedia di
    http://www.sabda.org/i-kan/newmilis.htm

Saat ini ada lebih dari 20.000 unique user yang tergabung dalam Komunitas I-KAN. Oleh karena itu tidak heran jika Komunitas I-KAN telah menjadi Komunitas Mailing List Kristen "terbesar" di Indonesia saat ini. Untuk mendapat informasi lebih lengkap, silakan berkunjung ke Situs Web I-KAN atau mengirim email ke:

< info-I-KAN(at)sabda.org >

Motto I-KAN 2001 ==> "Biarlah Terang-Nya menyala di Internet!!"

TIP SEPUTAR MILIS I-KAN

  1. AKSES MILIS MELALUI WEB
    Setiap milis I-KAN mengunakan Mailing List system oleh LYRIS/XC untuk manage "archives", "members" and "settings" (arsip, anggota, pilihan). Karena itu, anda dapat mengakses milis/publikasi I-KAN dan semua fasilitasnya melalui WEB!!
    Alamat URL yang dapat dikunjungi adalah:
    ==> http://hub.xc.org/Scripts/lyris.pl?enter=nama-milis
    (khusus bagi anggota, dan untuk baca arsip)
    ==> http://hub.xc.org/Scripts/lyris.pl?join=nama-milis
    (khusus bagi yang ingin mendaftar)
    ==> http://hub.xc.org/Scripts/lyris.pl?visit=nama-milis
    (khusus bagi non anggota, arsip dan untuk milis 'open')
    Ket: "nama-milis" diisi dengan nama milis yang ingin anda kunjungi, misalnya: i-kan-wanita, i-kan-akar-renungan-harian, dll. Akses situs web ini berisi bagian untuk memodifikasi type keanggotaan (khusus anggota), mencari kata/topik tertentu, melihat arsip milis, dll.

    Sumber: http://www.sabda.org/i-kan/faqikan.htm

  2. TYPE-TYPE KEANGGOTAAN
    Jika anda telah menjadi anggota dari salah satu (atau lebih) milis I-KAN atau milis yang menggunakan sistem I-KAN, maka anda perlu mengetahui tentang type-type keanggotaan dalam milis.

    Type keanggotaan dalam milis terbagi dalam empat bagian, yaitu:
    MAIL - Menerima semua posting surat dari milis yang anda ikuti, dan biasanya type ini yang paling diminati.

    Alternatif lain, anda bisa memilih type keanggotaan lain, yaitu:
    DIGEST - Menerima surat hanya sehari sekali, di mana isinya adalah semua posting surat yang dikirimkan pada hari itu.

    INDEX - Menerima surat hanya sehari sekali isinya berupa baris- baris "Subject" dari surat-surat yang dikirimkan hari itu. Lalu anda dapat meminta posting dari surat-surat tertentu yang anda inginkan atau melihatnya melalui web interface.

    NOMAIL - Anda sama sekali tidak menerima posting surat dari milis yang anda ikuti. Semua posting surat dari milis tersebut hanya bisa anda lihat melalui web interface.

    Untuk mengubah type keanggotaan anda, silakan mengirim email

                         To : lyris(at)xc.org
           Dengan instruksi : set nama-milis option
                              (option bisa diisi salah satu dari:
                                 MAIL, DIGEST, INDEX, NOMAIL )
           Contoh :
                         To : lyris(at)xc.org
           Dengan instruksi : set i-kan-BinaGuru digest
           

    Untuk mengetahui type keanggotaan anda, silakan mengirim email

                         To : lyris(at)xc.org
           Dengan instruksi : query nama-milis
           

    Contoh :

                         To : lyris(at)xc.org
           Dengan instruksi : query i-kan-BinaGuru
    

    Jika anda mengirimkan instruksi QUERY, maka anda akan mendapat balasan tentang setting keanggotaan anda, termasuk type keanggotaan anda dalam milis tersebut.

    Sumber: Situs Web I-KAN dan Lyris Manual

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org