Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Web Wisdom

Tanggal: 2000-03-08
Kategori: Web

Empat poin di bawah ini perlu anda perhatikan saat membangun Situs Web gereja anda! (Setelah itu, kirim URLnya ke ICW - yah !!)

  1. Sederhana (Simple)
    Mulailah dengan alamat yang sederhana (pendek dan masuk akal/ mudah diingat). Mungkin agak memakan biaya, namun itu lebih baik. Cari ISP-ISP mana yang dapat membantu anda mendapat alamat yang baik di majalah/tabloid komputer. Buat navigasi sesederhana mungkin. Usahakan link ke tiap-tiap halaman dalam Situs tsb dapat terlihat pada halaman pertama tanpa pengunjung harus menggulung layar ke bawah. Sebaiknya dalam penunjuk link tidak perlu terlalu banyak informasi, hal ini akan membuat navigasi menjadi menjemukan dan melelahkan.

  2. Tajam (Clear and Sharp)
    Sebuah Situs Web adalah media grafis. Dan mendesain grafis adalah suatu keahlian khusus. Mendesain Situs Web dan memeliharanya adalah peluang yang bagus bagi orang awam yang punya keahlian namun belum menemukan tempat untuk pelayanan. Keahlian khusus dalam mendesain Situs Web berguna untuk membangun halaman yang tajam dan jelas. Situs dengan sedikit halaman namun jelas lebih baik dari terdapat banyak halaman namun kurang berguna. [Cat. Redaksi: Tetapi, awas kalau grafis jadi terlalu banyak/besar karena situs anda jadi lambat.]

  3. Nyata (Realistic)
    Penampilan gereja secara virtual haruslah sepadan/sesuai dengan bentuk aslinya. Jika bangunan gereja anda memiliki skema warna tertentu, usahakan untuk memakai skema tersebut dalam Situs Web anda. Pastikan bahwa Situs tersebut dapat merefleksikan gereja anda secara proporsional dalam Situs Web-nya. Misalkan begini: jangan menggambarkan pelayanan intensif bagi para pemuda bila dalam kenyataannya pemuda dalam gereja anda hanya sedikit. Usahakan mengenal karakteristik gereja anda secara menyeluruh terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan anda meng-implementasi kan gereja anda dalam sebuah Situs Web. Hendaknya Situs yang dibuat nantinya adalah perpanjangan pelayanan gereja itu sendiri.

  4. Terjaga/terpelihara (Relevant)
    Sebaiknya jangan hanya dapat membuat sebuah Situs yang berkualitas lalu kemudian mengabaikannya. Lebih baik tidak memiliki Situs sama sekali daripada memiliki Situs namun informasinya tidak pernah di-update, misalnya nama Gembala yang keliru, jadwal kebaktian yang tidak tepat, atau memuat undangan persekutuan yang sudah berlaku 8 bulan yang lalu, dll. Jika diperlukan, buatlah penyederhanaan. Buatlah sebuah Situs sejauh anda memiliki kemampuan untuk memeliharanya.

Bila anda baru akan memulai merancang Situs Web bagi gereja anda, kami menganjurkan anda untuk melihat beberapa Situs Web gereja yang baik dan berhasil. Seperti pada kolom Selintas Situs Web edisi kali ini. Juga, kalau anda ingin belajar lebih dalam, anda bisa ikut milis e-WebAuthor dan memakai bahan, referensi, dan tutorial dalam bahasa indonesia yang ada di Situs WebServant 2000:
http://www.sabda.org/w2000

Sumber: Fall 1999

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org