Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Koneksi Serial BUS

Tanggal: 1999-09-01
Kategori: Pc

Anda pasti setuju pada pendapat "Sebuah PC akan semakin 'berarti' apabila makin banyak berkoneksi dengan perangkat yang lain seperti printer, modem, scanner, mouse dll". Nah, untuk itu diperlukan pengetahuan ttg cara 'berkoneksi' yang efisien. Cara koneksi yang lama dirasakan tidak efisien dan memiliki beberapa kekurangan. Katakanlah anda ingin memasang printer, scanner, dan modem sekaligus, maka paling tidak anda butuh 1 kabel konektor paralel, satu kabel konektor serial, 1 kabel konektor SCSI dan yang paling menyesakkan adalah ... anda butuh 3 adaptor AC/DC sekaligus! Untuk itu, sebuah teknologi berkoneksi baru telah dikembangkan. Teknik Universal Serial Bus atau biasa disebut USB ini adalah sebuah protokol komunikasi yang mendukung transfer data secara serial antara PC (yang mendukung USB) dan perangkat lain (yang mendukung USB juga). USB memiliki kemampuan untuk menangani 127 perangkat sekaligus dengan SATU kabel konektor saja. Selain daripada itu, kelebihannya yang lain adalah :

  1. Kemudahan cara koneksi. Konektor USB hanya perlu satu soket dalam PC anda sehinga anda tidak perlu menghafal bentuk konektor untuk masing-masing perangkat.
  2. Kemampuan hot-swaping Plug 'n Play dan Host Insertion and Removal, adalah kemampuan yang memungkinkan memasang ataupun melepas peralatan, seperti scanner, tanpa harus terlebih dahulu mematikan sistemnya. Hal ini membuat perangkat USB jauh dari masalah dan konflik yang disebabkan oleh kesulitan konfigurasi manual seperti DIP switch, jumper, IRQ, DMA, dan I/O.
  3. Dual Speed USB mendukung dua kecepatan transfer, 12 Mbps untuk komunikasi dengan perangkat yang butuh kecepatan transfer data tinggi, dan 1,5 Mbps untuk yang tidak terlalu mementingkan kecepatan.
  4. Power Suply Konektor USB menyertakan line tersendiri untuk mengalirkan listrik bertegangan +-5 volt. Sehingga dengan demikian beberapa perangkat yang memerlukan daya listrik tidak perlu lagi menggunakan adaptor untuk mengkonversi listrik AC menjadi DC. Jadi bisa menghemat ruang dan uang.

Singkat kata, dengan teknologi USB ini PC tidak hanya 'mengenal' printer, modem, mouse, keyboard dan semacamnya tapi juga dapat berkenalan dengan perangkat lain seperti kamera digital, ID card Reader, telepon dan lain-lain atau hampir semua perangkat yang ada sekarang dapat dihubungkan dengan PC jika menggunakan USB. Jadi berdoalah sehingga teknologi ini tidak terhambat untuk masuk ke Indonesia.

Apabila anda tertarik untuk memahami materi ini lebih jauh, maka anda dapat berkunjung ke alamat-alamat berikut (catatan: semua Situs dalam bahasa Inggris):

Universal Serial Bus White Paper
http://www.eg3.com/indev/indcusb.htm

Intel Universal Serial Bus (USB) Components
http://www.intel.com/design/usb/pr430iib.htm

Universal Serial Bus (peripherals)
http://www.sterlinginfo.com/usb.html

Universal Serial Bus (connectors)
http://www.dkkconnectors.com/usb.htm

Universal Serial Bus Presentation
http://www.ti.com/sc/docs/msp/usb/foils.htm

USBGear, adapters, USB-Universal Serial Bus Connector System
http://www.captainkidd.com/oem products.html

Frequently Asked Question and Answers About USB
http://amij.com/usbfaq.html

What Is...USB (a definition) http://www.whatis.com/usb.htm

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org