Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Alkitab Digital yang Makin Terkenal

Tanggal: 2006-05-02
Kategori: Web
Akankah Alkitab digital yang tanpa kertas mengeliminasi
penggunaan Alkitab konvensional di masa depan?

Alkitab Elektronik atau Alkitab Digital adalah program berisi teks Alkitab yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti pembacaan dan pencarian ayat, konkordansi, referensi silang, dll.

Dalam tempo singkat, keberadaan Alkitab Digital telah menciptakan tren baru dalam komunitas Kristiani, khususnya bagi mereka yang melek teknologi. Kini, semakin banyak orang Kristen yang mempunyai dan memanfaatkan Alkitab Digital ketika mempelajari Firman Tuhan. Kecenderungan ini diimbangi dengan makin menjamurnya situs yang menyediakan Alkitab Digital, baik berupa software maupun online.

Keberhasilan Alkitab Digital menciptakan tren di masyarakat Kristen tentunya mudah dimaklumi. Alkitab Digital menawarkan beragam kelebihan yang tidak mungkin diperoleh oleh Alkitab konvensional. Berbagai kelebihannya, baik dari sisi fungsi maupun penyebaran, dapat dirangkum dalam dua kata: cepat dan praktis. Cukup ketik nama kitab, pasal, dan ayat lalu klik OK, ayat yang dicari akan terpampang di monitor, dan bahkan bisa lebih dari satu versi Alkitab! Bandingkan dengan menggunakan Alkitab biasa. Jauh lebih cepat dan praktis bukan?

Dari sisi penyebaran pun, Alkitab Digital lebih mudah disebar- luaskan. Untuk memperoleh sebuah software Alkitab, kita hanya perlu berinternet sejenak untuk men-download software Alkitab dan memasangnya di media yang sesuai. Selesai! Enaknya lagi, saat ini penggunaan software Alkitab sudah tidak lagi dimonopoli oleh komputer saja, tetapi juga untuk PDA dan bahkan ponsel yang hanya mendukung sistem Java (J2ME). Inilah yang kemudian membuat orang mulai giat mencari software Alkitab untuk `gadget` mereka.

Bayangkan jika kita sedang menulis renungan dan ingin mendapat referensi dari berbagai sumber dalam Alkitab, berapa buku yang harus tersedia di meja Anda dan berapa waktu yang Anda buang untuk membolak-balik halaman buku-buku itu? Alkitab Digital membuat pekerjaan jadi lebih praktis. Tinggal klik sana, klik sini, semuanya tersedia bagi Anda.

Karena itu, wajar jika kemudian timbul pertanyaan: akankah Alkitab Digital nantinya memensiunkan Alkitab biasa? Jawabannya adalah: tidak akan. Alkitab Digital hanyalah sarana untuk mempermudah usaha mendalami Firman Tuhan. Ini disebabkan karena untuk urusan ibadah, persekutuan, PA, dan saat teduh pribadi, masih banyak orang lebih suka menggunakan Alkitab versi kertas biasa ketimbang Alkitab Digital. Alkitab biasa juga tidak bergantung pada peralatan luar untuk membacanya. Anda takkan bisa membaca Alkitab Digital melalui ponsel ketika ponsel Anda sedang rusak atau mati mendadak, bukan?

Lalu, apakah tren Alkitab Digital ini sudah pasti akan meningkatkan kualitas rohani orang Kristen yang menggunakannya?

Tentu saja belum tentu. Seperti halnya Alkitab biasa yang tak pernah dibaca, demikian juga Alkitab Digital. Jika ia tidak pernah kita manfaatkan, tentu saja tak berpengaruh apa-apa pada pemiliknya. Sebaliknya, bila Alkitab Digital sering digunakan, dan dipelajari isinya, maka ia akan jadi sarana yang ampuh bagi pertumbuhan rohani seseorang. Namun demikian, semakin banyaknya akses ke Alkitab Digital di masa depan tentu diharapkan akan memperluas kesempatan bagi siapa saja untuk belajar Alkitab dan mengenal Tuhan lebih dekat.(H/CS)

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org