Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Virus/Trojan Happy99

Tanggal: 1999-03-02
Kategori: Virus

Virus atau yang lebih tepat lagi trojan Happy99.exe sempat membuat heboh pengguna internet akhir-akhir ini, bahkan para hamba Tuhan sempat ikutan panik dengan berita ini. Apakah/siapakah gerangan virus/trojan "Happy99" ini?

Trojan ini muncul pertama kali pada bulan Januari 99 di beberapa newsgroup yang populer. Trojan ini biasanya dilampirkan (attached) pada e-mail dengan nama program "Happy99.exe". Anda tidak akan terinfeksi oleh virus ini jika hanya membaca e-mailnya tanpa menjalankan program tersebut.

Saat program ini dijalankan, program ini akan menampilkan sebuah windows yang berisi animasi kembang api yang cukup menarik. Namun, dibalik semuanya itu, program ini akan menginfeksi file "winsock" yang merupakan file utama untuk melakukan koneksi ke internet. Program ini akan menciptakan dua buah file yang bernama "SKA.EXE" dan "SKA.DLL" dalam direktori WindowsSystem. File "SKA.EXE" adalah penggandaan dari "Happy99.exe". Hal yang lebih utama yakni program ini akan memodifikasi file "WSOCK32.DLL" (Winsock) dengan menaruh kode-kode tertentu di dalam file ini. File asli akan disimpan dengan nama "WSOCK32.SKA".

Apabila program ini tidak dapat memodifikasi "WSOCK32.DLL", maka program ini akan merubah file registry dengan menambahkan dirinya ke dalam bagian RunOnce di "HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoft WindowsCurrentVersionRunOnce=SKA.EXE" dan program ini akan memodifikasi file winsock saat komputer dijalankan kembali (restart)

Setelah menginfeksi file winsock, program ini akan membuat file baru "LISTE.SKA" dalam direktori Windowssystem yang akan berisi daftar alamat e-mail dari orang-orang yang anda kirimi e-mail saat anda mulai terinfeksi trojan ini. Ketika anda mengirimkan e-mail, tanpa anda sadari, program SKA ini akan menempel di e-mail yang anda kirimkan setelah sebelumnya berganti nama menjadi "Happy99.exe". Secara tidak sadar, anda ikut "bertanggung jawab" menyebarkan trojan ini ke orang lain. ;-)

Trojan ini tidak mencuri password, sebagaimana dilaporkan oleh beberapa sumber sebelumnya. Selain menampilkan animasi kembang api, program ini pada dasarnya tidak merugikan. Namun program ini dapat diboncengi oleh virus/trojan lainnya. Trojan ini tidak akan berpengaruh pada komputer dengan sistem operasi Macintosh, Unix, DOS, atau Windows 3.x.

Ciri lain dari trojan ini yaitu bahwa setiap e-mail yang dikirimkan, pada bagian header-nya akan terdapat kalimat "X-Spanska: Yes". Program ini mengandung enkripsi:
"Is it a virus, a worm, a trojan? MOUT-MOUT Hybrid (c) Spanska 1999."

Kalau anda terkena infeksi dari program trojan ini, jangan panik !! Kunjungi beberapa situs web di bawah ini untuk memperoleh informasi lengkap tentang program trojan tersebut beserta cara/program untuk menghapusnya.

Informasi tentang HAPPY99:
http://www.symantec.com/avcenter/venc/data/happy99.worm.html
http://www.zdnet.com/anchordesk/story/story_3093.html
http://www.pspl.com/trojan_info/win32/happy99.htm
http://www.datafellows.com/v-descs/ska.htm

Program Antivirus:
http://www.avertlabs.com/public/datafiles/dat-4014.zip
http://www.avertlabs.com/public/datafiles/4014updt.exe
http://www.avertlabs.com/public/stand_alone/RMSKA.ZIP

Informasi lain: http://www.avp.com/happy/body_happy.html
http://www.calvin.edu/it/docs/tips/happy.htm
http://www.geocities.com/SiliconValley/Heights/3652/SKA.HTM
http://members.tripod.com/docsmiley/happy99.htm

Informasi dalam bahasa Indonesia http://members.tripod.com/~manuelito/virus.htm

/anTinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org