copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Alat-alat
Kamus
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
Yesaya
Kata sebelumnyaKata berikutnya
Kamus Kompilasi Kamus Easton Kamus Pedoman Kamus Gering Peta
Kamus Kompilasi
Kata sebelumnyaKata berikutnyaAtas
==K.Tokoh== Yesaya
   Nabi orang Yehuda; bernubuat dalam zaman Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia
      (/TB Yes 1:1).
   Panggilannya (dalam /TB Yes 6:1-13).
   Mengumumkan hukuman atas Ahas (dalam /TB Yes 7:1-25),
      kelepasan dari Asyur ke Hizkia
      (dalam /TB 2Raj 19:1-37; Yes 36:1-22; 37:1-38),
      kelepasan dari kematian ke Hezkia
      (dalam /TB 2Raj 20:1-11; Yes 38:1-22).
   Penulis riwayat sejarah Yehuda (/TB 2Taw 26:22; 32:32).

 ==K.Kecil== Yesaya
 KS.- [PL] pasal /TB 2Raj 19:1-20:21;
      pasal /TB Yes 6:1-13; 7:3; 8:3; 37:1-39:38
      [PB] /TB Mat 3:3; 4:14; 8:17; 12:17; 13:14; 15:7; Mr 1:2;
           /TB Luk 3:4; 4:17; Yoh 1:23; 12:38-41; 8:28,30; 28:25;
           /TB Rom 9:27-29; 10:16,20-21; 15:12

 ==K.Haag== Yesaya
 Yesaya. (Bhs. Ibr.: Yahwe Adalah Penyelamat).
      (I). Ia adalah yang pertama dari antara para nabi besar. Putera
 Amos yang tidak dikenal. Pada tahun 738, yaitu tahun raja Azarya
 meninggal, ia terpanggil menjadi nabi (/TB 2Taw 6:1). Nama-nama
 simbolik para puteranya ("suatu sisa berbalik" dan "Segera merampok
 hasil tergesa-gesa") dimaksudkan menjadi tanda dan ajaran bagi Isr.
 (/TB 2Taw 8:18). Nampaknya ia berasal dari Yerusalem.
 Sekurang-kurangnya mengenai bahasa, lukisan dan contoh-contoh
 ajarannya membuat orang memikirkan suatu lingkungan kota (Lukisan
 tentang pakaian /TB 2Taw 1:18; perhiasan 2Taw 3:16-23*;
 nyanyian /TB 2Taw 5:1). Pada saat kecilnya, keadaan sedang aman
 dan makmur (/TB 2Taw 2:7,16), sedangkan pada waktu ia dipanggil,
 timbul perubahan (/TB 2Taw 6:11). Ia langsung tampil pada saat
 sesudah Amos dan Hosea (sambutan ancaman lawan orang-orang Asyur).
 Ia memperjuangkan keadilan sosial seperti Mikha, rekan sezamannya
 (Bdk.: /TB Yes 2:2-3; 7:14; 11:1 dengan Mi 4:1-2; 5:2*).
 Dalam tema utama pewartaannya tercerminlah zaman yang secara politis
 dipandang sangat penting bagi karya ~Y. Tema itu mengungkapkan
 masalah putusan Allah yang sudah berada di ambang pintu dan hanya
 suatu "sisa" belaka yang akan diselamatkan. Pada mereka akan
 terpenuhi janji Allah terhadap Daud. Pada saat Yerusalem dikepung
 (735 oleh Rezin dan Pekah, 701 oleh Sanherib), ~Y berupaya
 menguatkan semangat rakyat dan pemerintah (/TB Yes 7:28-31,36-37).
 Mungkin sekali ia meninggal segera setelah tahun 701. Berita-berita
 Talmud tentang kematiannya selaku martir adalah sebuah cerita
 legendaris. -- Pada ~Y dipertalikan pekerjaan berikut:

 (1) Kitab Yesaya (Lihat II).
 (2) Kemartiran Yesaya, sebuah tulisan apokrif dari abad 1 sebelum
     Mas. Isinya mengisahkan /TB 2Raj 21:1-18: ~Y ditangkap dan
     digergaji oleh Manasye. Tulisan itu menunjukkan suatu sikap
     menghormati para martir pada zaman Makabe.
 (3) Yesaya mekrad. Sebuah apokrif kristen. Barangkali ditulis pada
     abad 2. Mengungkapkan pengaruh-pengaruh Doketisme (/TB Yes 11:8-10).
     Penting untuk ajaran mengenai malaekat dan Tritunggal.
 (4) Penglihatan Yesaya. Sebuah tambahan kristen pada (2).
     Memperbincangkan soal wafat dan kebangkitan Yesus, tentang
     pewartaan Injil dan kemunduran Gereja, tentang pengejaran oleh
     Antikristus dan tentang kekalahan antikristus oleh Yesus.
     Penetapan tanggal dari tulisan itu tidak jelas. Barangkali
     dalam abad 1 atau 2.

 (II). (KITAB) Yesaya.
 (1) Bentuk naskah. Ditinjau dari bahannya, kitab ~Y dapat dibagi
     menjadi dua bagian (1-35 dan 40-66). Kedua bagian itu dipisahkan
     satu sama lain oleh berita-berita tentang Hizkia (36-39). Hanya
     bab 1-35 dapat dikaitkan dengan nabi ~Y. Bab 40-66 digolongkan
     pada --> Deutero-Yesaya, Trito-~Y. Sebetulnya bab 1-35 juga
     tidak menunjukkan sebuah kesatuan yang satu dan utuh, melainkan
     merupakan sebuah kumpulan ucapan nabiah.

 (2) (KITAB) YESAYA.
 (1) Bentuk naskah. Sejarah yang mendahului terjadinya naskah itu
     sukar ditentukan. Kebanyakan nubuat berasal dari ~Y sendiri,
     seperti yang terbukti dari hubungan yang begitu erat dengan
     perang Asyur. Sudah dapat dipastikan, bahwa ada tambahan dan
     sisipan yang terjadi di waktu kemudian seperti /TB Yes 13:1-14:23
     (kehancuran Babilon), bab 24-27 (perihal Wahyu ~Y) dan bab 34-35,
     yang telah menuntut adanya pembuangan.

 (2) Perihal isi Kitab~Y. Sesudah prolog (Bab 1) dan nubuat-nubuat
     mengenai Sion (/TB Yes 2:1-5:30) dimulailah bagian riwayat
     hidup ~Y (/TB Yes 6:1-9:7) dan peristiwa penggaliannya.
     Inti dari bagian itu adalah nubuat-nubuat Emanuel. Selesai
     bagian itu, menyusullah nubuat ancaman melawan kerajaan utara
     dan melawan Asyur (/TB Yes 9:7-10:34) dan sebuah janji
     Mesiah-Daud (/TB Yes 11:1-12:6). Ancaman terhadap berbagai
     bangsa dan terhadap Yerusalem (/TB Yes 13:1-23:18). Lukisan
     tentang sebuah kehancuran total (/TB Yes 24:1-27:13) yang
     ditutup dengan ungkapan celaka terhadap Yehuda dan Yerusalem
     (/TB Yes 28:1-31:9) serta janji tentang kehormatan yang tetap
     (/TB Yes 32:1-35:10).

 (3) Theologi. Di dalam penglihatan perihal panggilan (6) ~Y
     mengalami ke-maha-kuasaan dan ke-maha-kudusan Yahwe. Ia suka
     melukiskan ke-mahakuasaan itu dalam hubungan dengan ciptaannya.
     Ia lebih senang memanggil Tuhan "Yahwe Bala tentara" (Yhwh
     sebaot /TB Yes 1:9,24 dbtl) atau juga "Yang Mahakuat (pelindung)
     Israel" (/TB Yes 1:24), yang di dalam kekuatannya dapat
     melemahkan pohon-pohon cemara Libanon dan pohon-pohon terbantin
     Basyan (/TB Yes 2:13). Yahwe itu terutama adalah Tuhan atas
     bangsa-bangsa. Beliau memerintahkan mereka, menggunakan mereka
     sebagai alatnya untuk melaksanakan kehendakNya. Beliau juga
     membuang mereka dan meremukkan mereka, apabila mereka tidak lagi
     diperlukan (/TB Yes 2:7,18-20; 10:5-19; 30:31-35). Meninjau
     rencana sejarah Allah yang bertujuan pengudusan Isr., maka dari
     pihak manusia hanya diperlukan iman tanpa syarat (/TB Yes 7:9; 30:15).
     Pengudusan itu masih mengandung arah-tujuan negatip
     (putusan hakim), yang bukan hanya ditujukan kepada bangsa-bangsa
     (dipertentangkan apakah itu berasal dari ~Y, tetapi amsal-amsal
     ancaman lawan bangsa-bangsa mengambil tempat luas sekali pada
     ~Y), tetapi juga pada Isr. yang berdosa (/TB Yes 1:2 dst;
     /TB Yes 6:11-13; 7:16-24 dll.). Tujuan positif dari pengudusan adalah
     pembentukan sebuah kerajaan yang terang dan damai di dalam
     kerajaan rumah Daud (/TB Yes 8:23-9:6). Orang telah salah
     mengakukan pada ~Y nubuat-nubuat penyelamat dalam buku ~Y yang
     berasal dari waktu kemudian. Tambah lagi ancaman /TB Yes 7:14
     ditangkap secara salah sebagai kata penyelamatan, sehingga sifat
     keselamatan dari nubuat-nubuat ~Y kebanyakan dinilai terlalu
     tinggi.

Kamus Easton
Kata sebelumnyaKata berikutnyaAtas
Kamus Pedoman
Kata sebelumnyaKata berikutnyaAtas
Kamus Gering
Kata sebelumnyaKata berikutnyaAtas
(1) keselamatan dari Yehovah. Yes 1:1; Mat 3:3 (2) 1Taw 3:21 (3) 1Taw 25:3.
Peta (0)
Kata sebelumnyaKata berikutnyaAtas
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran