|
Versi Alkitab |
|
|
|
|
|
Pengantar Kitab |
|
|
|
|
|
Catatan Ayat |
|
|
|
|
|
Kamus |
|
|
|
|
|
Leksikon |
|
|
|
|
|
Hari Raya |
|
|
|
|
==K.Kecil== Hari Raya
KS.- a. Paskah
[PL] /TB Kel 12:18,19,27,43-48; 13:3-10; Ul 16:1-8; Yos 5:10;
/TB 2Raj 23:21-23 (2Taw 35:1-19); Ezr 6:19-20*
[PB] /TB Mat 26:2,5,17-19; 27:15; Mr 14:1,2,12,14,16; 15:6;
/TB Luk 2:41-43; 22:1,8,13; Yoh 2:13,23; 6:4; 11:55-56;
/TB Yoh 12:1,12,20; 13:1,29; 19:14; Kis 12:4; 1Kor 5:7;
/TB Ibr 11:28
b. Roti Tidak Beragi
[PL] /TB Kel 12:15-20; 13:6-7; 2Taw 35:17; Ezr 6:22
[PB] /TB Mat 26:17; Mr 14:1,12; Luk 22:1,7; Kis 12:3; 20:6
c. Pentakosta (panen)
[PL] /TB Kel 23:16; 34:22; Im 23:15-21; Ul 16:9-12; 2Taw 8:13
[PB] /TB Kis 2:1; 20:16; 1Kor 16:8
d. Pondok Daun
[PL] /TB Im 23:34,42; Ul 16:13-16; 2Taw 9:12-13; Ezr 3:4; Za 14:16-19
[PB] /TB Yoh 7:2,8,10,11,14,37
e. Bulan Baru
[PL] /TB Bil 10:10; 28:11-14; 1Sam 20:5; Am 8:5
[PB] /TB Kol 2:16
f. lainnya:
Tahun Baru
[PL] /TB Bil 29:1;
Purim, /TB Est 9:21-32;
peresmian Rumah Tuhan, /TB Yoh 10:22
g. tidak diperinci
[PL] /TB Rat 2:6,7; Hos 9:5
[PB] /TB Yoh 5:1; Kol 2:16
==K.Kecil== Hari
TB- Dalam kitab para nabi seringkali disebut tentang "hari Tuhan", "hari
terakhir", "hari penghakiman" atau hanya "pada hari itu".
Ungkapan-ungkapan itu menunjuk pada masa depan bilamana Tuhan Allah
akan bertindak dan akan mendatangkan keadaan yang sama sekali baru.
Dalam Perjanjian Baru "hari Tuhan" itu disamakan dengan "hari Yesus
Kristus" yaitu waktu kedatangan-Nya sebagai Hakim dan Juruselamat pada
akhir zaman.
==K.Haag== Hari
Hari.
~H, kelangsungan waktu dari dini hari sampai pada fajar petang, yang
ditandai oleh cahaya terang (/TB Kej 1:5; 8:22; Ayub 24:16; Yoh 11:9-10
dbtl.). Malam dihitung sebagai tambahan pada hari yang telah
berlalu (/TB Im 7:15; 23:5-6; Hak 19:4-9 dan lain-lain). Dari situ
timbul kemungkinan memandang ~H sebagai kesatuan 24 jam (etmal) yang
dihitung dari pagi sampai pagi (misalnya: /TB Kej 1:5). Di samping itu
ada pembatasan yang lebih baru: Satu etmal dimulai dengan
tenggelamnya matahari. Dasarnya terletak pada pengarahan kalender
Yahudi menurut perhitungan bulan. Banyak pesta Yahudi (/TB Kel 12:18 =
Pesta Mazot; /TB Im 23:32 = Hari silih; Ydt 8:6; Yub 32:16 = sabat)
yang dimulai pada waktu petang. Waktu hari ditentukan menurut
tempat-berdirinya matahari (Pagi, tengah hari, petang) dan menurut
angin sore (/TB Kej 3:8 = jam 14-15) dan angin malam (Kid 2:17; 4:6* =
sebelum fajar pagi). Waktu tertentu dalam ~H yang dihubungkan
dengan perbuatan liturgis menjadi saat penentu (: waktu persembahan
kurban petang antara pukul 15-16 = /TB 1Raj 18:29; Dan 9:21; Kis 3:1).
Pembagian jam yang sudah menjadi kebiasaan di Mesopotamia pada zaman
Sumer, baru terbukti berlaku di Palestina pada awal zaman Yahudi dan
pada zaman PB. Menurut /TB Yoh 11:9 orang membagi hari dari terbitnya
matahari sampai pada tenggelamnya dalam 12 jam. Panjangnya jam
berubah menurut musim tahun (/TB Mat 20:3,5-6; Yoh 1:39; 4:6,52 dan
lain-lain). Tetapi dalam prakteknya orang mengikuti pembagian waktu
dalam 4 kesatuan: Pagi (jam 6-9), jam ketiga (9-12), jam keenam
(12-15) dan jam kesembilan (15-18).
|
|
|