copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Biblika
Catatan Ayat
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
Catatan Ayat Full Life - 1 Timotius 3:8
Pengantar Pengantar | Konteks Konteks | 1 Timotius 3:8 1 Timotius 3:8
Kitab sebelumnyaKitab berikutnyaPasal sebelumnyaPasal berikutnyaAyat sebelumnyaAyat berikutnya
1TI 03:08
Judul: Syarat-syarat bagi diaken
Perikop: /TB 1Tim 3:8-13

Referensi Silang: {m} {n}
	Lihat TSK ref. "1TI 03:08"

Catatan Kaki:
~~~~~~~~~~~~
Nas  : /TB 1Tim 3:8*
Frasa: DIAKEN-DIAKEN.

Teks:	Diaken (Yun. _diakonos_) berarti "seorang hamba". Salah satu fungsi
ditunjukkan dalam /TB Kis 6:1-6. Mereka menolong gembala dengan mengurus
hal-hal jasmani dan bukan rohani dari gereja supaya gembala dapat
memusatkan diri pada doa dan pelayanan Firman (/TB Kis 6:2). Syarat-syarat
rohani untuk jabatan diaken pada dasarnya sama dengan penilik dan gembala
(bd. ayat /TB 1Tim 3:1-7 dengan ayat /TB 1Tim 3:8-13; lih. /TB Kis 6:3).

Catatan Kaki:
~~~~~~~~~~~~
Nas  : /TB 1Tim 3:8*
Frasa: JANGAN PENGGEMAR ANGGUR.

Teks:	Mengenai syarat ini, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan (juga
		 lihat cat. --> "1Tim 3:3").
		[atau ref.	/TB 1Tim 3:3]

1) Secara moral mustahil sang rasul mengizinkan penggunaan terbatas
   dari segala jenis anggur yang ada pada masa itu. Banyak macam anggur
   waktu itu adalah campuran yang berbahaya (bd. /TB Ams 23:29-35).

2) Beberapa orang menafsirkan bahwa Paulus mengatakan bahwa seorang
   diaken tidak boleh terbiasa mabuk, dan dengan demikian secara tidak
   langsung menyetujui minuman alkohol sekadarnya. Akan tetapi, Paulus
   menyatakan bahwa kemabukan adalah dosa yang begitu buruk sehingga
   pemabuk dilarang masuk kerajaan Allah (/TB 1Kor 6:10). Karena itu tak
   masuk akal bahwa rasul Paulus akan menuntut sebagai syarat bagi diaken
   (bd. ayat /TB 1Tim 3:2) bahwa diaken itu jangan seorang yang terbiasa
   mabuk (yaitu orang yang belum diselamatkan). Pastilah Paulus bermaksud
   arti yang lain untuk kata "anggur" dalam ayat ini, bukan anggur yang
   memabukkan.

3) Paulus bukannya menyetujui minuman alkohol sekadarnya, ia malah
   memberikan peringatan terhadap keinginan dan penggunaan yang
   berlebih-lebihan dari anggur yang tidak difermentasi di antara kalangan
   orang kafir
		(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1), 08443).

   Kecanduan akan anggur yang tidak memabukkan menjadi sifat buruk umum
   dalam masyarakat kafir bersamaan dengan kerakusan (lih. Plinius, Natural
   History, 14.28.139). Paulus sedang menekankan penguasaan diri dalam
   seluruh aspek kehidupan ini, bahkan dalam hal yang baik; perhatikan
   /TB Ams 25:27, yang mengatakan bahwa "Tidaklah baik makan banyak madu."

4) Bukan rasul Paulus saja yang memberikan nasihat semacam ini.
   Literatur para Rabi berisi peringatan tentang penggunaan
   berlebih-lebihan sari buah anggur yang tidak difermentasi. Literatur ini
   mengatakan mengenai tirosh, suatu sari anggur yang terdiri atas
   "berjenis-jenis sari buah yang manis dan sama sekali tidak boleh ada
   anggur yang difermentasi" (Tosef., Ned. IV.3), yang "jikalau diminum
   secara terbatas memberikan kepemimpinan; ... jikalau diminum berlebihan
   mendatangkan kemiskinan" (Yoma 76b). "Orang yang biasa meminumnya pasti
   akan menjadi miskin" (The Jewish Encyclopedia 12.533;
		 lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1), 08443)
Halaman sebelumnya Atas Halaman berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran