copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Biblika
Pengantar
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
Pengantar Full Life - Galatia
Pasal: 1 2 3 4 5 6
Kitab sebelumnyaKitab berikutnya
Penulis          : Paulus
Tema             : Keselamatan Karena Kasih Karunia oleh Iman
Tanggal Penulisan: Sekitar 49 TM

Latar Belakang
Paulus menulis surat ini (Gal 1:1; Gal 5:2; Gal 6:11) "kepada jemaat-jemaat
di Galatia" (Gal 1:2). Beberapa orang berpendapat bahwa orang Galatia ini
adalah suku Gaul di bagian utara Galatia. Kemungkinannya jauh lebih besar
bahwa Paulus menulis surat ini kepada kota-kota di bagian selatan (Antiokhia
Pisidia, Ikonium, Listra, Derbe) di mana ia dan Barnabas menginjil dan
memulaikan gereja-gereja dalam perjalanan pemberitaan Injil yang pertama
(Kis 13:1--14:28). Tanggal penulisan yang paling sesuai adalah tidak lama
sesudah Paulus kembali ke gereja Antiokhia Siria yang mengutusnya dan
sebelum sidang di Yerusalem (Kis 15:1-41).

Persoalan utama dalam surat ini adalah persoalan yang sama yang dibahas dan
dipecahkan dalam sidang di Yerusalem (sekitar 49 TM; bd. Kis 15:1-41).
Persoalan utama itu meliputi dua pertanyaan:

(1) Apakah iman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat itu
    satu-satunya syarat untuk selamat?

(2) Ataukah ketaatan kepada upacara dan peraturan Yahudi tertentu dari P.L.
    diperlukan untuk memperoleh keselamatan dalam Kristus?

Rupanya Paulus menulis surat Galatia ini sebelum perselisihan mengenai
masalah hukum PL secara formal diperdebatkan dalam sidang di
Yerusalem dan pendirian gereja resmi diberikan. Ini berarti bahwa
kitab Galatia ini merupakan surat pertama rasul Paulus.

Tujuan
Paulus mendengar bahwa beberapa guru Yahudi mengacaukan orang yang baru
dimenangkan olehnya di Galatia dengan memaksa mereka disunatkan dan
menerima kuk Taurat Musa sebagai syarat-syarat yang perlu untuk
diselamatkan dan diterima dalam gereja. Setelah mendengar hal ini,
Paulus menulis surat ini

(1) untuk menegaskan bahwa syarat-syarat yang dituntut hukum, seperti sunat
    di bawah perjanjian lama, tidak ada hubungan dengan pekerjaan kasih
    karunia Allah dalam Kristus untuk keselamatan di bawah perjanjian yang
    baru; dan

(2) menegaskan lagi dengan jelas bahwa kita menerima Roh Kudus dan hidup
    rohani oleh iman kepada Tuhan Yesus Kristus, dan bukan oleh ikatan
    kepada hukum Taurat PL.

Survai
Dari isi surat ini, tampaknya para pemimpin Yahudi yang melawan Paulus di
Galatia menyerangnya secara pribadi supaya melemahkan pengaruhnya dalam
gereja-gereja. Mereka menuduh bahwa

(1) Paulus tidak termasuk kelompok rasul-rasul yang asli, dan karena itu
    tidak memiliki wibawa rasuli (bd. Gal 1:1,7,12; Gal 2:8-9);

(2) berita yang disampaikannya menyimpang dari Injil yang diberitakan di
    Yerusalem (bd. Gal 1:9; Gal 2:2-10); dan

(3) beritanya mengenai kasih karunia akan mengakibatkan ketidakpatuhan
    kepada hukum (bd. Gal 5:1,13,16,19-21).

Paulus langsung menanggapi ketiga tuduhan itu.

(1) Dengan penuh semangat ia membela kekuasaannya sebagai rasul Yesus
    Kristus, wibawa yang diterimanya langsung dari Allah dan disahkan oleh
    Yakobus, Petrus, dan Yohanes (pasal 1-2; Gal 1:1--2:21).

(2) Dia dengan penuh gairah mempertahankan Injil keselamatan yang terjadi
    karena kasih karunia oleh iman kepada Kristus
    (pasal 3-4; Gal 3:1--4:31).

(3) Akhirnya, Paulus dengan sungguh-sungguh menyatakan bahwa Injil Yesus
    Kristus yang sejati meliputi kebebasan dari perhambaan legalisme Yahudi
    pada satu sisi dan kebebasan dari dosa dan tindakan tabiat berdosa pada
    sisi yang lain. Kebebasan Kristen yang sejati meliputi hidup oleh Roh
    dan menggenapi hukum Kristus (pasal 5-6; Gal 5:1--6:18).

Surat ini berisi suatu sketsa watak orang-orang percaya Yahudi yang
menentang Paulus di Galatia, Antiokhia, dan Yerusalem (Kis 15:1-2,5),
dan di semua wilayah yang dilayaninya. Paulus melukiskan mereka sebagai
pengacau dan pemutar balik (Gal 1:7), penghalang (Gal 5:7), dan
orang yang suka menonjolkan diri secara lahiriah dan berusaha untuk mengelak
penganiayaan karena penghinaan salib Kristus (Gal 6:12).  Secara tidak
langsung Paulus menggambarkan mereka sebagai orang yang ingin menyenangkan
manusia (Gal 1:10), saudara-saudara palsu (Gal 2:4),
saudara-saudara yang bersunat (Gal 2:12), dan manipulator
(Gal 3:1).

Ciri-ciri Khas
\ Empat ciri unik menandai surat ini:

(1) Surat ini merupakan pembelaan yang paling bersemangat dalam PB tentang
    sifat hakiki Injil. Nadanya tajam, berapi-api dan mendesak ketika Paulus
    menghadapi pelawan-pelawan yang salah (mis. Gal 1:8-9; Gal 5:12) dan
    menegur anggota jemaat Galatia karena mudahnya mereka tertipu
    (Gal 1:6; Gal 3:1; Gal 4:19-20).

(2) Surat ini hanya diungguli oleh surat 2 Korintus dalam jumlah petunjuk
    mengenai kehidupan Paulus.

(3) Surat ini adalah satu-satunya surat yang dialamatkan secara tegas kepada
    beberapa jemaat (akan tetapi
                Lihat "PENDAHULUAN SURAT EFESUS" 08197).

(4) Surat ini berisi daftar buah Roh (Gal 5:22-23) dan daftar yang
    paling lengkap mengenai perbuatan-perbuatan tabiat berdosa
    (Gal 5:19-21).
Kitab sebelumnya Atas Kitab berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2015 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran