Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/02/13

 
 

Rabu, 13 Februari 2019 (Minggu ke-5 sesudah Epifani)


Yosua 19:1-51

Seumpama hari ini Anda menerima pembagian warisan. Kira-kira, apa yang akan Anda terima? Bagaimana menentukan ukurannya? Bagaimana adat istiadat, agama, hukum, dan negara mengaturnya? Apakah jenis kelamin, umur, relasi, dan agama menjadi faktor penentu? Bagaimana kita mengetahui bahwa itu adalah hak kita atau hak orang lain?

Ketika membaca nas hari ini, ada tiga hal menarik seputar pembagian tanah ini. Pertama, bagian bani Yehuda yang terlalu besar itu dibagi untuk bani Simeon. Dengan demikian, bani Simeon juga menerima milik pusaka di tengah-tengah bani Yehuda. Kedua, ada frasa "kota dengan desa-desanya" yang berulang dalam usaha pembagian. Artinya, setiap suku mendapat perlakuan yang sama. Kemudian, Tuhan menyebutkan nama orang-orang. Mereka kelak akan menjadi pemimpin besar seperti Yosua. Mereka mendapatkan bagiannya sesuai dengan pelayanan dan pengorbanannya bagi bangsa.

Berangkat dari ketiga hal di atas, kita belajar satu prinsip. Bagian yang berasal dari Tuhan tidak dibatasi oleh apa pun juga. Tuhan tidak membeda-bedakan pemberian-Nya. Tuhan tidak mengenal status dan derajat sebagai acuan pemberian-Nya. Tuhan membagi rata semuanya sesuai kebutuhan masing-masing suku. Kota dan desa dibagikan secara rata. Sama seperti Yosua dan Kaleb, mereka pun dituntut tanggung jawab yang sama (Yos. 14:9). Pemberian dan tanggung jawab selalu ada bergandengan.

Prinsip ini pun berlaku hingga saat ini. Setiap anugerah dan berkat dari Tuhan tidak diberikan berdasarkan identitas sosial dan prestasi kita. Itu murni hanya karena belas kasih Tuhan semata. Dia sama sekali tidak pernah menggunakan status kita sebagai acuan curahan cinta-Nya.

Namun, semua pemberian itu selalu memiliki tujuan. Setiap pemberian Tuhan harus mempunyai faedah bagi sesama manusia. Apa yang sudah kita lakukan terhadap pemberian itu? Sudahkah kita mengelolanya dengan baik?

Doa: Tuhan, berikan kami kemampuan untuk menerima dengan ketulusan dan tanggung jawab atas semua pemberian-Mu. [JS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 
 

1999-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber tulisan dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org