Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/04/10

Rabu, 10 April 2019 (Minggu Pra-Paskah 5)

1 Korintus 3:10-23
Fondasi Pelayanan yang Sejati

Kokoh atau tidaknya suatu bangunan bergantung pada fondasinya. Bangunan megah dan indah tiada artinya jika dasarnya keropos. Bangunan itu hanya menunggu waktu untuk rubuh. Demikian juga sebuah pelayanan atau gereja harus beralas pada fondasi yang kuat.

Yesus Kristus adalah fondasi kokoh dari gereja. Dasar ini telah diletakkan Paulus ketika mendirikan jemaat di Korintus. Ia berharap agar setiap jemaat Korintus meletakkan seluruh pelayanan di atas dasar itu. Hal ini menjadi peringatan bagi jemaat Korintus. Kondisi pelayanan mereka memang melimpah karunia rohani. Namun, mereka meletakkannya di atas kesombongan, iri hati, dan kepentingan diri serta golongan.

Selain menjadikan Yesus Kristus sebagai dasar dari sebuah pelayanan, ada hal lainnya yang penting. Apa dan bagaimana orang membangun di atas fondasi tersebut juga perkara serius. Apakah bangunannya terdiri dari emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering, atau jerami. Pada hari Tuhan, semuanya akan diuji untuk menentukan upah pelayanan kita. Jemaat Korintus tampaknya tidak hanya mengabaikan fondasi pelayanan. Mereka juga lalai akan cara mereka melayani. Akibatnya, tidak heran jika jemaat ini penuh masalah.

Sebagai orang percaya, dasar dari seluruh pelayanan kita adalah Yesus Kristus. Landasan ini juga harus merengkuh seluruh aspek kehidupan kita. Jika pelayanan dan hidup ada di atas dasar ini, kita akan mengalami pertumbuhan. Bukan hanya dalam pelayanan, tetapi karakter kita pun turut dewasa. Pelayanan dan karakter yang dibangun di atas Kristus akan menjadi berkat bagi orang lain. Ia akan membuahkan sukacita dan pengharapan baru bagi banyak orang. Ini tentu akan mendatangkan kemuliaan bagi nama Tuhan. Oleh karena itu, kita harus meletakkan segala karunia dan pelayanan di atas Yesus Kristus. Cara ini akan menyatakan kemuliaan Tuhan. Kita pun akhirnya terhindar dari ego dan ambisi pribadi.

Doa: Tuhan, tolong kami mengarahkan segala pelayanan kami kepada Kristus Yesus—Sang Fondasi pelayanan. [AB]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org