Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/10/21

Senin, 21 Oktober 2019 (Minggu ke-19 sesudah Pentakosta)

Mazmur 47
Allah adalah Raja Semesta

Jika melihat dan merenungkan keberadaan bangsa ini, sering kali kita menjadi khawatir. Persoalan demi persoalan hadir dan mengusik kemajuan bangsa yang selalu kita impikan. Dalam situasi ini, sebagai orang percaya, kita bisa memilih bersikap positif atau pun sebaliknya.

Ketika nas ini ditulis, bangsa Israel pun sedang mengalami berbagai masalah. Namun, mereka berjuang untuk tetap merespons segala sesuatunya dengan positif.

Lantas bagaimana caranya agar dapat berpikir positif atas pergumulan bangsa yang sedang terjadi? Salah satu caranya adalah dengan mengumandangkan bahwa Allah adalah Raja atas semesta. Mereka meyakini bahwa Tuhan Yang Maha Tinggi adalah dahsyat. Ia merupakan Raja atas seluruh bumi (3). Buah dari pengakuan tersebut adalah seluruh bangsa di bumi merupakan kepunyaan Allah semata. Allah sebagai pemimpin segala bangsa. Pemazmur mendorong segenap bangsa untuk selalu mengingat kenyataan ini. Segala bangsa harus terus menyatakan kekaguman dan pujian mereka kepada Allah.

Allah menginginkan agar segenap bangsa sungguh tunduk pada ketetapan-Nya. Keadilan, kedamaian, dan kesejahteraan seharusnya menjadi agenda bersama. Semua bangsa harus turut serta mewujudkan hal ini karena ketiganya merupakan bagian dari ketetapan Allah.

Sebagai orang percaya, sudah sepatutnya kita berserah kepada Allah. Marilah kita menyerahkan segala pergumulan bangsa kepada Sang Raja yang Agung. Doakanlah para pemimpin dan pengambil kebijakan agar diberikan kekuatan untuk memerintah. Kita doakan agar mereka mengedepankan perwujudan ketetapan Allah di dunia. Sebagai rakyat yang baik, kita pun harus terus mendoakan bangsa. Seraya itu, kita juga ikut berjuang untuk senantiasa berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa ini.

Doa: Tuhan, kami mau berserah sepenuhnya kepada pimpinan-Mu. Pimpinlah bangsa ini agar bisa menjadi alat kemuliaan nama-Mu. [WN]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org