Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/02/09

 
 
Sabtu, 9 Februari 2019

Bacaan Setahun: Imamat 22-23
Nas: Lalu Abner mengirim utusan kepada Daud dengan pesan: "... Adakanlah perjanjian dengan aku, maka sesungguhnya aku akan membantu engkau untuk membawa seluruh orang Israel memihak kepadamu." (2 Samuel 3:12)

Lawan Menjadi Kawan

Bacaan: 2 Samuel 3:6-21

Dalam hidup ini, kita tentu pernah bertemu orang yang tidak menyukai atau bahkan membenci kita. Ia mungkin juga selalu mencari cara untuk menjatuhkan kita. Suatu hari kita mendapat musibah dan orang itu kebetulan mengetahuinya. Siapa sangka, bukannya menghina, ia justru menjadi orang pertama yang menolong kita. Peristiwa tersebut benar-benar merupakan campur tangan Allah!

Abner adalah panglima tentara Saul. Selain berpengaruh, Abner juga sangat setia. Setelah kematian tuannya, ia tetap berpihak kepada keluarga Saul. Keberadaan Abner secara tidak langsung menjadi ancaman bagi Daud. Mengapa? Karena Abner dapat membantu Isyboset, anak Saul lainnya, untuk berperang melawan Daud. Siapa sangka, hari itu Abner mengirim utusan kepada Daud dengan pesan: "... aku akan membantu engkau untuk membawa seluruh orang Israel memihak kepadamu" (ay. 12). Peristiwa tersebut tidak lain karena Isyboset, tanpa memeriksa terlebih dahulu kebenaran perkaranya, menuding Abner menghampiri Rizpa, gundik ayahnya (ay. 7). Bagi Isyboset, peristiwa itu dapat disebut kemalangan karena kehilangan panglima yang setia. Namun, bagi Daud, dukungan Abner jelas merupakan keuntungan yang tidak terduga.

Satu hal yang tidak dapat dimengerti oleh logika manusia adalah cara kerja Allah. Karena itu, jangan ragu untuk berdoa memohon pertolongan-Nya. Melalui doa, kita dapat menyerahkan segala sesuatu, termasuk hubungan kita dengan sesama. Dan lihatlah, Allah sanggup bekerja dengan cara yang sungguh tidak terduga! --LIN/www.renunganharian.net

ALLAH BEKERJA UNTUK MEMULIHKAN HUBUNGAN,
BUKAN MENCERAI-BERAIKANNYA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 
 

1999-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber tulisan dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org