Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/11/18

Rabu, 18 November 2015

Bacaan   : 2 Timotius 2:14-26
Setahun : Kisah 26-28
Nas       : Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu. (2 Timotius 2:15)

ORTHOTOMOUNTA

Apa arti kata "membuncah"? Sekian lama, tanpa pernah membuka kamus untuk mencari tahu, sekadar menduga berdasarkan konteks pemunculannya, saya mengira arti kata itu "meluap, menggelegak, memancar". Sampai suatu ketika saya terdorong untuk membuka kamus. Ternyata, arti "membuncah" adalah "mengeruhkan, menggelisahkan". Betapa berbeda dari pengertian saya semula! Berarti selama ini saya menyimpan ide yang salah tentang "membuncah" berdasarkan dugaan semata.

Bukankah hal itu juga bisa terjadi dalam pemahaman kita akan firman Tuhan? Kita puas dengan pengertian tertentu tentang suatu konsep hanya dari khotbah di mimbar, misalnya. Namun, ketika menyelidikinya, kita menemukan pengertian yang berbeda. Tidak selalu bertentangan, bisa juga lebih luas atau lebih dalam. Pengertian yang mengubah pola pikir dan cara pandang kita atas kehidupan.

Paulus mendorong kita menekuni Kitab Suci untuk menghadapi penyesatan ajaran. Kata "berterus terang" dalam nas hari ini dalam bahasa aslinya adalah orthotomounta, artinya membelah secara tepat. Kata itu merupakan metafora tentang tukang batu yang membelah batu sedemikian rupa sehingga belahan itu bisa dipasang pada celah bangunan secara pas.

Marilah kita meminta pertolongan Roh Kudus, agar dibimbing untuk memiliki pemahaman yang cermat dan tepat akan kebenaran sehingga kita tidak terjebak dalam dugaan-dugaan yang kemungkinan keliru. Sebaliknya, kita dimampukan untuk mengenali penyesatan dan menghindarinya. -- Arie Saptaji/Renungan Harian

SEBAGAIMANA KEGELAPAN AKAN TERUSIR OLEH TERANG,
PENYESATAN JUGA AKAN TERUSIR OLEH KEBENARAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org